Mari Mengenal 5 Sosok Dokter Inspiratif

dokter inspiratif

Go Dok – Dokter inpiratif- Anda penggemar kartun atau komik pahlawan super dengan jubah dan topeng? Mungkin sosok pahlawan super yang ini hanya menggunakan jas putih. Namun, ternyata jasanya sungguh besar dan mulia. Mereka adalah sosok-sosok dokter inspiratif yang memberikan banyak bantuan untuk kemanusiaan di berbagai belahan dunia. Siapa sajakah mereka?

Simak lima sosok dokter inspiratif yang harus Anda kenal berikut ini!

1. Dokter Gamal Albinsaid

Dokter muda satu ini menjadi kebanggaan Indonesia. Ia membuat program untuk menangani masalah sampah dan kesehatan, sehingga ia diganjar penghargan Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards pada tahun 2014. Mengagumkan, bukan?

Sosok dokter inspiratif satu ini telah mendirikan Organisasi Wirausaha Kesehatan Indonesia Medika, yang kemudian menjalankan program Klinik Asuransi. Program tersebut mengandalkan pasien-pasiennya yang datang dengan membawa sampah. Setiap nilai sampah yang dibawa orang tersebut bernilai 10 ribu atau mengumpulkan sampah organik dan anorganik selama 1 bulan akan mendapatkan Asuransi Sampah. Kreatif sekali, ya!

2. Dokter Lie A. Dharmawan

Kehidupan Dokter Lie A. Dharmawan pada masa kecil tidaklah mudah, ia serba susah dan kekurangan. Namun, dari sana ia belajar banyak dari ibunya yang berusaha mencari uang agar anaknya bisa bersekolah. Ketika ia berhasil menggapai mimpinya menjadi dokter, ia juga mendirikan Yayasan doctor SHARE dan Rumah Sakit Apung (RSA) swasta pertama di Indonesia.

Dengan RSA-nya, ia sukses menjadi sosok dokter inspiratif dengan berlayar ke berbagai tempat di Indonesia. Tujuannya? Tentunya untuk memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma yang ditujukan bagi masyarakat yang kekurangan serta jauh dari fasilitas medis. Hebat, ya!

3. Dokter Aznan Lelo

Siapa bilang kesehatan itu hanya untuk orang dengan harta berlebih? Dokter Aznan Lelo mampu membantah perkataan itu. Dokter Umum yang juga bertindak sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara ini memilih jalan hidupnya sebagai dokter untuk mewujudkan mimpinya sejak kecil; menjadi orang yang berguna bagi orang banyak tapi berbeda dari orang lain.

Lantas, apa yang kemudian ia lakukan? Ia berani tidak memasang tarif untuk pasien yang berobat pada dirinya. Menurutnya, dokter merupakan salah satu profesi yang tidak boleh menetapkan tarif pembayaran. Ia sering dianggap aneh karena ia membolehkan si pasien membayar sesukanya, lho!

4. Dokter Rangi Wirantika Sudrajat

Rangi Wirantika Sudrajat tidak gentar ketika harus berhadapan dengan lingkungan asing. Ia justru terpanggil untuk menjelajahi tempat-tempat terpencil, bahkan daerah konflik sekalipun. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti ini, terjun ke Pakistan langsung untuk membantu masyarakat setempat.

Rangi bertugas di Neonatal Care Unit dan Pediatric Unit di Pakistan. Ia menangani anak-anak, bahkan bayi-bayi yang baru lahir. Setelah dari Pakistan, ia juga mngelola emergency room untuk pasien darurat, serta memberikan pelatihan dan pendidikan ksehatan bagi masyarakat di Yaman. Salut!

5. Dokter Vini Fardhdhiani

Dokter inspiratif yang satu ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Dirinya memiliki impian untuk berkeliling dunia untuk berkontribusi dengan meringankan beban orang lain. Ia pun bergabung dengan Medecins Sans Frontier/ Dokter Lintas Batas. Ia sempat mendatangi Aceh pada awal tahun 2005 dan berkeliling dengan mobile clinic (klinik berjalan) MSF untuk mendatangi pasien di daerah terpencil.

Ia jatuh hati pada pekerjaan epidemiolog. Ia kini bertugas dengan MSF di Mozambique dan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menangani HIV/AIDS dan Tuberkulosis (TBC). Kehidupannya di sana tidak mudah. Ia harus berhadapan dengan lingkungan yang buruk dan keadaan sanitasi yang tidak bersih. Namun, ia dan teman-temannya justru banyak belajar dari kehidupan pasien dengan kondisi medis dan kehidupan yang sulit.

Itu tadi sosok dokter inspiratif yang jasanya sangat berguna untuk kesehatan di Indonesia maupun luar negeri. Siapa yang akan menjadi dokter inspiratif  lainnya? Bisa jadi Anda salah satunya!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.