Mari Berbicara Tentang Kopi

GoDok – Ketika badan terasa lelah, meminum kopi sering kali menjadi salah satu opsi untuk mendongkrak stamina dan adrenalin agar kembali bersemangat untuk berkerja atau beraktivitas. Meskipun konsumsi kopi sering kali tidak disarankan bagi mereka yang memilki penyakit maag, namun secara umum kopi dapat bermanfaat bagi tubuh. Ini dia beberapa khasiat kopi yang harus Anda ketahui:

  • Kopi tidak hanya bermanfaat ketika diminum, aroma kopi ternyata dapat merangsang stimulus hormon endorphin dalam otak sehingga dapat menurunkan tingkat stres.
  • Konsumsi kopi secara teratur dan terukur dapat menstimulus tubuh sehingga Anda terhindar dari perasaan gelisah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh praktisi Harvard School of Public Health pada lebih dari 250.000 warga Amerika Serikat selama 28 tahun, membuktikan bahwa 15% subjek penelitian yang mengonsumsi kopi secara teratur lebih jarang merasa gelisah dan ketakutan.
  • Kopi baik bagi organ jantung karena dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, kopi yang bersifat diuretik dapat digunakan untuk melancarkan buang air besar.
  • Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kopi dapat dimasukkan ke dalam program diet karena dapat memberikan rasa kenyang serta memicu metabolisme tubuh sehingga jumlah kalori yang dibakar akan lebih banyak
  • Kopi berkhasiat untuk mencegah disfungsi ereksi bagi kaum pria dan memperbaiki serta mengencangkan kulit bagi kaum hawa.

Meskipun kopi memilki banyak khasiat bagi tubuh, tapi Anda harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar setiap harinya, kopi dapat berdampak buruk bagi tubuh. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:

  1. Sebelum mengonsumsi kopi, pastikan perut tidak dalam keadaan kosong karena dapat dapat meningkatkan asam lambung yangberujung pada sakit lambung atau maag.
  2. Bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi, hindari konsumsi kopi secara berlebih karena dapatmeningkatkan tekanan darah serta mempercepat detup jantung.

Sebaiknya batasi jumlah kopi yang masuk ke dalam tubuh, karena dalam beberapa kasus, kandungan kafein dalam kopi dapat menciptakan halusinasi dan kecanduan.

Baca juga artikel terkait mengenai waktu paling tepat menikmati secangkir kopi, klik di sini.

Tinggalkan Balasan