Obat Sariawan Tetes untuk Sembuhkan Sariawan, Manjurkah?

obat sariawan tetes
Berniat menggunakan obat sariawan tetes untuk sembuhkan sariawan? Ada baiknya simak dulu penjelasan obat sariawan tetes di bawah ini!

GoDokObat Sariawan Tetes – Siapa sih yang tidak mengenal gangguan pada organ mulut yang satu ini? Rasanya, hampir setiap orang pernah -setidaknya sekali dalam hidupnya- mengalami sariawan. Meskipun bukan merupakan kondisi kesehatan yang berbahaya dan mematikan, namun sariawan seringkali menganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Bayangkan saja! Karena gangguan mulut yang satu ini, Anda akan dibuat kesusahan ketika mengunyah, menelan, bahkan berbicara.

Apa itu sariawan?

Seperti yang telah kita ketahui, sariawan merupakan gangguan pada organ mulut yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Nah, infeksi inilah yang memicu timbulnya bercak-bercak putih pada beberapa area mulut, seperti bibir, lidah, pipi bagian dalam, dan langit-langit.

Umumnya, sariawan dapat hilang dengan sendirinya; meskipun tanpa diobati. Namun, dalam beberapa kasus, sariawan dapat bertahan lebih dari 3  minggu. Kondisi inilah yang perlu Anda waspadai, karena sariawan bisa saja merupakan gejala dari penyakit lainnya yang lebih parah.

(Baca: Mengenal Tentang Sariawan di Tenggorokan)

Apa saja sih penyebabnya? 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebanyakan kasus sariawan disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat beberapa faktor lainnya yang turut menyumbang timbulnya gangguan mulut ini. Apa saja faktor yang dimaksud? Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Tidak sengaja menggigit bagian dalam mulut
  • Penggunaan gigi palsu yang kurang pas
  • Konsumsi makanan bertekstur keras
  • Penggunaan kawat gigi.
  • Stres dan cemasberlebih
  • Perubahan hormon, khususnya pada wanita yang sedang haid
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas
  • Penggunaan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfat
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh
  • Kekurangan vitamin B12, seng, asam folat, dan zat besi.

Baca:

Serba-Serbi Gigi Tiruan

Menstruasi Sering Terganggu? Mungkin Ini Penyebabnya

Apakah obat sariawan tetes efektif untuk menghilangkan sariawan?

Sebelum beranjak pada pembahasan apakah obat sariawan tetes efektif atau tidak untuk menghilangkan sariawan, para ahli percaya bahwa terdapat 3 jenis pengobatan yang ampuh dalam menyembuhkan sariawan. Apa saja 3 jenis pengobatan yang dimaksud? Ini dia daftar lengkapnya:

  • Obat kumur antimikroba;dipercaya mampu menyembuhkan dan mengatasi infeksi pada mulut. Gunakanlah obat kumur yang mengandung chlorexidine glukonat.
  • Obat penghilang rasa sakit, berupa obat kumur, permen, gel, atau semprot; selain akan terasa menyengat ketika pertama kali dipakai, efek dari penggunaan obat jenis ini juga hanya dapat bertahan untuk sementarawaktu saja
  • Corticosteroid lozenges;dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Anda dapat menggunakannya jika sariawan menyerang mulut, tetapi obat ini tidak bisa dipakai untuk anak di bawah 12 tahun.

Dari penjelasan di atas, dapat diperhatikan bahwa tidak ada satupun jenis obat sariawan tetes yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa demi menghilangkan sariawa dengan tepat, pilihan untuk menggunakan obat tetes dirasa kurang tepat. Malahan, Anda dapat menyamakan bahwa jenis pengobatan yang paling tepat untuk  sariawan adalah dengan menggunakan obat kumur atau obat telan/hisap.

(Baca: Ini Dia Obat Mujarab Untuk Sembuhkan Sariawan!)

Itu tadi penjelasan singkat mengenai efektif atau tidaknya obat sariawan tetes untuk menyembuhkan sariawan. Memang, seiring dengan perkembangan jaman, sariawan dapat diobati dengan mudah. Namun, alangkah lebih bijaknya jika Anda mencegah sariawan sebelum gangguan mulut ini menyerang. Banyak, lho, cara yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya sariawan! Mulai dari memperhatikan cara gosok gigi yang benar, menghindari konsumsi makanan yang terlalu panas atau pedas, serta memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Karena, bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Semoga bermanfaat!