Maniak Seks; Kenali Pengertian dan Gejalanya di Sini!

Maniak seks

Maniak seks merupakan perilaku seseorang yang terobsesi dan memiliki gairah seks berlebih. Saking intens dan tingginya birahi para maniak seks, hal ini bisa sampai merusak kehidupan mereka.

GoDok- Maniak seks- Pernahkah Anda mendengar istilah ‘maniak seks’? Mungkin, Anda hanya mengenalinya secara sekilas  tanpa tahu lebih dalam pengertian medis serta gejalanya. Karenanya, yuk, simak penjelasan khas Go Dok berikut ini!

Apa itu maniak seks?

Sesuai dengan namanya, maniak seks merupakan perilaku seseorang yang terobsesi dan memiliki gairah seks berlebih. Misalnya, jika pada kasus normal seseorang hanya akan melakukan hubungan seks sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, maka tidak begitu halnya dengan maniak seks; karena mereka dapat merasa bergairah hampir setiap hari.

Saking intens dan tingginya birahi, hal ini bisa sampai merusak kehidupan mereka, lho! Sebab banyak aspek yang akan turut terganggu, seperti kestabilan hubungan sosial dan kondisi mental.

Ternyata, ini dia gejala maniak seks yang harus Anda waspadai

Mengingat dampaknya yang tidak sepele, maka ada baiknya Anda kenali apa saja gejalanya lewat penjabaran lengkap di bawah ini!

  1. Memiliki birahi seksual yang tinggi dan intens.Hal inilah yang sering membuat maniak seks tidak segan-segan untuk berhubungan badan dengan orang yang baru dikenal atau pelaku prostitusi. Malahan dalam beberapa kasus, maniak seks yang sudah menikah terbukti bisa memiliki hubungan spesial/affair dengan banyak wanita yang bukan pasangan sahnya.  
  2. Cenderung sering berbohong. Biasanya, akan sering berbohong demi menutupi kecanduan seksnya.
  3. Ingin selalu menjadi pihak dominan.Normalnya, Anda dan pasangan akan saling bergantian peran; kadang menjadi pihak yang dominan, kadang pula menjadi pihak yang subversive. Namun, jangan harap Anda akan mengalami hal yang sama jika pasangan terbukti seorang maniak seks. Sebab ia akan selalu memaksakan diri menjadi pihak yang dominan dan mengontrol.
  4. Menyenangi masokisme dan sadisme. Jika kepuasan seksual para pelaku sadisme berasal dari perilaku menyiksa pasangannya secara fisik, maka kesenangan pelaku masokisme baru didapatkan jika mereka sudah menyakiti diri sendiri atau pasangannya secara verbal maupun fisik.
  5. Berlaku sebagai eksibisionisme.Sesuai dengan namanya, mereka yang mengidap eksibisionisme cenderung mendapatkan kepuasan seksual lebih jika mampu menunjukkan atau memamerkan hubungan seksualnya ke orang lain. Tanda yang paling mudah dikenali dari kelainan ini adalah keinginan kuat seseorang untuk selalu merekam hubungan seksulanya untuk kemudian disebarkan ke teman atau kerabat terdekat.
Bisakah disembuhkan?

Meksipun tidak mudah, namun nyatanya dapat disembuhkan. Caranya adalah dengan menerapkan beberapa atau semua langkah berikut ini:

  • Menerapkan program 12 langkah. Singkatnya, program ini mengharuskan Anda untuk menjalani 12 langkah yang terbukti dapat menyembuhkan berbagai bentuk kecanduan, termasuk kecanduan seks.
  • Menjalani sesi konseling seks. Dengan berkonsultasi ke dokter atau ahli, para maniak seks dapat memahami kembali apa tujuan awal dari hubungan seksual -yaitu untuk memupuk cinta dengan pasangan dan demi melanjutkan keturunan.
  • Mencoba terapi obat-obatan. Cara ini merupakan cara terakhir yang dapat ditempuh jika cara lain terbukti tidak berhasil. Ingat, konsultasikan terlebih dahulu keputusan ini dengan dokter, ya!

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.