Manfaat Vitamin B untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

Manfaat vitamin B

Go Dok- Manfaat Vitamin B Seperti yang telah Anda ketahui, vitamin merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh agar dapat bekerja dan berfungsi secara optimal. Nah, dari sekian banyak jenisnya, vitamin B seringkali luput dari perhatian. Padahal, vitamin B terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, lho! Penasaran apa saja manfaatnya?

 Berikut daftar lengkap manfaat vitamin B untuk tubuh Anda :

1. Menjaga fungsi syaraf

Manfaat vitamin B yang pertama adalah untuk menjaga fungsi syaraf. Lebih tepatnya, manfaat ini dapat dirasakan jika Anda rajin mengonsumsi bahan pangan yang kaya akan vitamin B1 (Thiamine), semisal telur, roti, susu, dan daging sapi.

Lantas, apa yang akan terjadi jika asupan vitamin B1 kurang? Selain menurunkan performa sistem saraf dalam tubuh, kekurangan vitamin jenis ini juga akan membuat Anda mudah marah, bingung, dan susah berkonsentrasi.

2. Mengoptimalkan proses pengubahan glukosa menjadi energi

Selain baik untuk menjaga fungsi syaraf, vitamin B1 juga terbukti secara medis dapat mengoptimalkan proses pengubahan glukosa menjadi energi. Tentunya, Anda sudah paham akan akibat yang harus ditanggung jika tubuh tidak mendapatkan pasokan energi yang cukup; ya, Anda akan mudah merasa lemah dan lesu.

3. Menjaga kesehatan mata

Banyak yang percaya bahwa vitamin A merupakan satu-satunya jenis vitamin yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan mata. Faktnya, vitamin B2 (Riboflavin) juga memiliki fungsi yang serupa, lho!

Dengan rajin mengonsumsi beberapa jenis bahan pangan, seperti keju, yoghurt, gandum, putih telur; Anda secara tidak langsung telah menurunkan risiko degenerasi fungsi organ penglihatan. Hebat, bukan?

4. Menjaga kesehatan kulit dan sistem pencernaan

Ingin mempunyai kulit yang senantiasa terlihat sehat? Atau, ingin terhindar dari masalah pencernaan? Maka, konsumsi vitamin B3 (Niasin) bisa jadi solusi yang Anda cari selama ini. Selain terkandung dalam suplemen yang banyak dijual di pasaran, vitamin B3 juga banyak terkandung di dalam jamur, kacang-kacangan, ikan, dan daging unggas.

5. Merangsang produksi sel darah merah

Manfaat vitamin B yang selanjutnya adalah untuk merangsang produksi sel darah merah. Ya, kadar sel darah merah yang stabil dalam tubuh terbukti dapat menghindarkan Anda dari penyakit anemia, insomnia, dan kelelahan kronis.

Mau? Maka, perbanyaklah konsumsi makanan yan tinggi akan vitamin B5 (Pentothenic acid), seperti ikan sardin, semangka, alpukat, tomat, dan brokoli.

6. Menjaga fungsi otak dan sistem imun

Lagi-lagi, vitamin B -khususnya B6 (Pyridoxine)- terbukti berperan penting bagi kesehatan tubuh Anda. Ya, selain berkhasiat untuk menjaga sistem imun, vitamin B6 juga dipercaya baik bagi fungsi otak. Yuk, buktikan khasiatnya dengan memperbanyak konsumsi kentang, pisang, dan beragam sayuran hijau!

7. Memecah lemak dan karbohidrat menjadi energi

Sering merasa letih dan lesu? Mungkin, hal ini disebabkan oleh metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh yang berjalan kurang optimal. Solusinya, perbanyaklah konsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin B7 (Biotin)-nya, seperti jamur, kembang kol, kuning telur, dan daging ayam.

8. Mencegah bayi lahir dengan cacat syaraf pusat

Bagi ibu hamil, konsumsi makanan sumber vitamin B9 (Asam folat) haruslah jadi prioritas tersendiri. Mengapa? Sebab, bahan pangan seperti jeruk, brokoli, dan bayam terbukti dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan cacat pada syaraf pusat.

9. Menjaga kesehatan sistem saraf tubuh

Manfaat vitamin B yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan sistem saraf tubuh. Lebih tepatnya, manfaat ini dapat Anda rasakan dengan banyak mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin B12 (Cobalamin), seperti telur, ikan salmon, daging, susu, dan keju.

Itu tadi manfaat vitamin B yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.