Manfaat Tidur Setelah Makan Siang

www.go-dok.com

Mungkin Anda merasa keheranan setelah membaca judul di atas. Biasanya, tidur setelah menyantap makan siang akan dihindari banyak orang karena mereka percaya beberapa mitos, seperti tidur siang dapat menurunkan kinerja dalam beraktivitas hingga menaikkan berat badan. Ternyata, kepercayaan tadi terbukti salah. Tidak percaya? Ini dia manfaat tidur siang yang dapat Anda rasakan:

1. Meningkatkan Kinerja

Salah satu alasan mengapa Anda menghindari tidur setelah makan siang mungkin karena takut dianggap pemalas dan tidak produktif oleh atasan. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang cukup ternyata dapat mengurangi rasa kantuk, meningkatkan kinerja, dan meminimalisir rasa sakit kepala. Karena alasan inilah, beberapa tokoh terkenal seperti Winston Churchill, Napoleon Bonaparte, Albert Einstein, Leonardo da Vinci, dan Presiden Amerika John F. Kennedy selalu menyempatkan tidur siang di tengah-tengah kesibukan harian. Jadi, masih enggan tidur siang? Pikir-pikir kembali!

2. Meningkatkan Kecerdasan dan Rasa Awas

Sebuah penelitian dari Harvard University  mengungkapkan bahwa tidur siang terbukti dapat meningkatkan kecerdasan. Dengan tidur siang selama 60-90 menit, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama seperti saat Anda tidur di malam hari. Senada dengan pernyataan di atas, Professor Matthew Walker dari University of California juga menyatakan bahwa tidur siang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kapasitas memori otak agar mampu menerima informasi tambahan yang lebih panjang dan rumit. Manfaat lainnya dari tidur siang adalah, jika dibarengi dengan konsumsi kopi dapat meningkatkan kesiapan dan keawasan tubuh untuk melakukan aktivitas di malam hari, misalkan, kerja lembur atau shift malam.

3. Menjaga Berat Badan

Seperti yang dikutip dari situs the healthsite, ahli gizi Deepshikha Agarwal menyatakan bahwa tidur siang setelah makan siang tidak akan menyebabkan kegemukan. Menurutnya, kegemukan akan terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kalori harian melebihi kebutuhan normal tubuh. Jadi, tidur siang sama sekali tidak mempengaruhi berat badan, karena pada dasarnya, tubuh tetap membakar kalori saat Anda tertidur, meskipun tidak sebanyak saat Anda terjaga. Jadi, jika Anda merasa mengantuk di siang hari tapi takut bertambah gemuk, disarankan untuk memberikan jeda waktu 1-2 jam sebelum tidur siang agar tubuh dapat mencerna makanan terlebih dahulu.

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa ternyata tidur siang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi, tetap perhatikan durasi  tidur agar manfaat yang didapat tubuh optimal. Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa durasi tidur siang yang paling ideal adalah 10 menit. Waktu tersebut dirasa cukup untuk mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kemampuan kognitif pribadi. Sebaliknya, tidur siang lebih dari 30 menit justru hanya akan membuat Anda merasa grogi dan cemas.

Comments are closed.