Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan
Temulawak sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan perawatan kecantikan. Mau tahu detail dari manfaat-manfaat tersebut?

GoDokManfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Kecantikan Temulawak, alias koneng gede, telah lama populer di Indonesia sebagai salah satu jenis rempah yang telah mendunia karena manfaatnya. Kandungan senyawa aktif berupa kurkumin, antioksidan, antibakterian dan minyak atsiri membuat temulawak sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan perawatan kecantikan. Mau tahu detail dari manfaat-manfaat tersebut? Yuk, simak penjelasannnya di bawah ini!

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Manfaat temulawak untuk kecantikan

Menganai manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan yang akan pertama di bahas mengenai manfaat temulawak untuk kecantikan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan minyak atsiri serta senyawa antioksidan dan antibakeri yang terdapat di dalam temulawak, memiliki berbagai manfaat terkait kecantikan wajah, yang di antaranya adalah :

1. Minyak atsiri

Kandungan minyak atsiri pada temulawak terbukti dapat memudarkan flek hitam, melembapkan dan mencerahkan kulit Anda.

2. Antioksidan

Kandungan senyawa antioksidan yang kuat pada temulawak terbukti mampu menangkal radikal bebas, mengangkat sel kulit mati, dan memperbaiki kondisi kulit rusak atau mati akibat radikal bebas. Tak hanya itu, temulawak juga mampu mencegah munculnya garis halus pada wajah sebagai salah satu tanda penuaan dini. Bisa awet muda, nih.

3. Antibakteri

Sifat antibakteri yang dimiliki oleh temulawak dapat membantu dalam mengurangi, mencegah dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, temulawak juga terbukti dapat mengurangi pembengkakan dari jerawat yang muncul di permukaan kulit.

(Baca: 6 Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi)

Manfaat temulawak untuk kesehatan

Rimpang, alias bagian akar dari temulawak acapkali diolah menjadi obat herbal yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam jenis gangguan kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan :

1. Menjaga organ hati

Tahukah Anda bahwa kandungan katagoga di dalam temulawak berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan organ hati? Katagoga membantu hati dalam memproduksi empedu dan merangsang pengosongan empedu. Tak hanya itu, temulawak terbukti mampu menurunkan kadar SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Tranaminase), yaitu enzim dalam hati yang jumlahnya akan meningkat ketika hati mengalami kerusakan.

2. Menurunkan lemak dalam darah

Berdasarkan penelitian terbaru, ditemuka bahwa ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoid di dalamnya dapat menurukan kadar lemak dalam darah Anda.

3. Mengatasi radang sendi

Jarang yang tahu bahwa sekitar 100 mg kandungan kurkumin pada temulawak dapat menghambat terjadinya perpindahan sel-sel leuksit menuju area peradangan. Tak hanya itu, ia juga mampu menghambat prostaglandin, yang merupakan mediator penyebab terjadinya radang pada sendi.

(Baca: Serba Serbi Penyakit Hati)

4. Melancarkan ASI

Bagi ibu yang sedang menyusui, ketahuilah bahwaa senyawa antioksidan di dalam temulawak bermanfaat untuk mencegah terjadinya perubahan oksidasi atau nutrisi seperti protein dan asam lemak yang sangat diperlukan dalam memproduksi ASI..

5. Membantu pengobatan kanker hati

Apakah Anda memiliki penyakit kanker hati? Jika iya, cobalah mengonsumsi temulawak. Pasalnya, sekitar 3% kandungan minyak astiri di dalam temulawak, yang terdiri dari seskuiterpen, a-curcumene, siskloisoprenmycrene, zingiberence, dan xanthorrizol mampu membantu hati bekerja secara optimal. Hal ini dilakukan dengan cara membantu regenerasi sel hati yang mengalami kerusakan. meningkatkan produksi getah empedu.

Efek samping temulawak

Meskipun kita sudah mengetahui manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan namun konsumsinya secara berlebihan sangat tidak dianjurkan. Batas konsumsi tumbuhan terna -berbatang lunak- ini adalah 18 minggu. Lebih dari waktu itu, konsumsi temulawak kemungkinan besar akan menimbulkan efek samping terkait sistem pencernaan di mana cairan empedu akan diproduksi secara berlebihan. Produksi cairan empedu yang berlebih ini kemudian akan mengakibatkan perut terasa kembung.

(Baca: Bunda, Perhatikan Hal Ini Ketika Membekukan ASI!)

Nah, itu tadi manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan wajah dan kulit Anda. Jadi, selamat mencoba temulawak!