Manfaat Susu Kedelai yang Tidak Kalah Dahsyat dari Susu Sapi

manfaat susu kedelai

 

GoDok- Manfaat susu kedelai- Memang, jika dibandingkan dengan susu sapi, pamor susu kedelai jauh tertinggal. Tapi, hal ini tidak lantas mengurangi manfaatnya, lho! Tidak percaya?

Yuk, simak penjelasan mengenai 8 manfaat susu kedelai berikut ini!

1. Menurunkan berat badan

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Tentunya, hal ini merupakan berita baik bagi Anda yang memimpikan tubuh yang ramping dan ideal. Berikut penjelasan singkat mengapa susu kedelai dapat membantu Anda untuk memangkas bobot tubuh:

  • Tidak seperti susu sapi, kandungan lemak jenuh dalam susu kedelai tergolong rendah
  • Dalam susu kedelai terkandung riboflavin -jenis vitamin yang dikenal dapat merangsang proses pembakaran lemak-.
  • Susu kedelai mengandung serat dalam jumlah yang cukup tingi
2. Menstabilkan tekanan darah

Selanjutnya, meminum susu kedelai secara rutin juga terbukti dapat menyetabilkan tekanan darah Anda. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa dalam susu kedelai terkandung asam lemak omega -3 dan omega-6 yang berkhasiat untuk menjaga fleksibilitas pembuluh darah sekaligus mencegah terjadinya penumpukan kolesterol.

3. Mencegah osteoporosis & diabetes

Tenyata, dalam susu kedelai terkandung beberapa senyawa -semisal kalsium, magnesium, boron, dan isoflavon- yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis sekaligus menjaga kepadatan tulang. Selain itu, sebuah studi yang terangkum dalam The Journal of Nutrition juga menyimpulkan bahwa susu kedelai merupakan opsi pengganti susu sapi yang ideal bagi penderita diabetes. Jadi, masih enggan minum susu kedelai?

4. Menurunkan risiko terkena kanker

Ini dia manfaat susu kedelai yang jarang diketahui. Ya, susu jenis ini terbukti secara medis dapat menurunkan risiko Anda terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan prostat. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena dalam susu kedelai terkandung senyawa anti-kanker, seperti genistein, saponin, dan asam fenolat.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat susu kedelai yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Setidaknya, inilah yang disimpulkan oleh FDA Aprroved Health Claims; bahwa konsumsi kedelai secara rutin terbukti dapat menjaga kerja serta fungsi jantung Anda.

6. Mencegah timbulnya jerawat

Bermasalah dengan jerawat yang kerap muncul pada kulit wajah? Maka, susu kedelai bisa jadi solusi yang Anda cari selama ini. Eits, tapi konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter, ya! Sebab, beberapa kasus menunjukkan bahwa jerawat justru bisa bertambah parah jika Anda terbukti memiliki alergi terhadap kedelai, atau produk olahannya.

7. Menghambat proses penuaan

Selain baik untuk menjaga kesehatan tulang, isoflavon juga terbukti dapat merangsang produksi kolagen. Hasilnya, kulit Anda akan terhindar dari kerutan dan garis halus.

8. Menjaga kesehatan mental

Manfaat susu kedelai yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan mental. Hal ini dikarenakan dalam susu kedelai terkandung vitamin D dan B-6 yang baik untuk merangsang produksi hormon serotonin. Nah, hormon inilah yang dipercaya banyak ahli dapat meredakan depresi dan cemas berlebih.

Itu tadi 8 manfaat susu kedelai yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.