Manfaat Sehat Edamame yang Harus Anda Ketahui

Manfaat sehat edamame

GoDok- Manfaat sehat edamameKacang Edamame (Glycin max (L) Meriil) yang juga dikenal dengan nama kedelai Jepang, tengah naik popularitasnya sebagai salah satu makanan sehat dewasa kini. Statusnya tersebut tentu tidak salah, sebab kacang edamame memiliki kandungan tinggi dalam serat, protein, vitamin C, serta vitamin A. Tak tanggung-tanggung, edamame juga disebut sebagai satu-satunya sayuran yang  memiliki kandungan 9 macam asam amino esensial. Hebat, bukan? Lalu, sebenarnya apa sajakah manfaat sehat edamame?

Yuk, lihat penjabaran lengkap seputar manfaat sehat edamame berikut ini!

1. Mengurangi risiko kanker

Manfaat sehat edamame yang pertama adalah mengurangi risiko terjadinya kanker. Pasalnya kacang edamame mengandung isoflavon yang dipercaya mampu mengurangi kesempatan terjadinya kanker payudara dan kanker prostat dengan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

2. Menjaga kesehatan reproduksi wanita

Selain dapat mengurangi risiko kanker, kandungan isoflavon dalam kacang edamame juga ternyata mampu menjaga kesehatan reproduksi kaum Hawa, lho! Pasalnya, isoflavon memiliki struktur yang kurang-lebih mirip dengan hormon estrogen di dalam tubuh wanita sehingga dapat membantu menjalankan fungsi hormon tersebut. Tak hanya itu, isoflavon juga dapat mengurangi rasa sakit dan meringakan gejala yang timbul saat Anda mengalami menopause. Terakhir, berdasarkan jurnal yang diterbitkan Harvard Medical School’s Health Publication, mengonsumsi kacang edamame yang kaya zat besi juga dapat meningkatkan kesuburan wanita. Paket komplit, nih!

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat sehat edamame yang selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, melalui kandungan vitamin, gizi, dan anti-oksidannya yang tinggi. Nah, jika Anda rutin mengonsumsi kacang edamame, nutrisi penting di dalamnya akan membantu melindungi dari berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit. Terutama bakteri dan virus yang kerap berkeliaran di musim penghujan seperti ini.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Siapa yang menyangka jika ternyata salah satu manfaat sehat edamame adalah melancarkan sistem pencernaan Anda? Perlu Anda tahu, kacang edamame kaya akan serat yang mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan di dalam tubuh. Tak hanya itu, kacang edamame juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda dapat menjaga pula kesehatan lambung dengan tidak makan terlalu banyak atau terlalu kenyang. Jadi, selamat tinggal sembelit, maag, dan rasa begah!

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat sehat edamame yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit Anda, yang seringkali rentan terkena penyakit melalui infeksi bakteri, kuman, dan jamur dari lingkungan sekitar. Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda dapat mulai mengonsumsi kacang edamame setiap hari. Pasalnya, kedelai Jepang ini mengandung antioksidan yang mampu membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki kerusakan yang sudah terlanjur terjadi. Peran isoflavon dalam hal ini pun muncul lagi, sebagai zat yang merawat perubahan kulit pada wanita yang telah mengalami menopause.

6. Memperbaiki fungsi paru

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kandungan genistein dalam kacang edamame mampu menyokong dan memperbaiki fungsi paru untuk penderita asma dan gangguan paru lainnya. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah pada paru-paru, jangan ragu untuk rutin mengonsumsi kacang edamame, ya!

7. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat sehat edamame yang terakhir adalah menjaga kesehatan bagi remaja maupun lansia. Pasalnya, kacang edamame mengandung  zat besi, fosfor, kalsium, serta vitamin E dan K yang memang baik untuk menjaga kepadatan tulang serta memperkuatnya. Karenanya, kacang edamame sangat direkomendasikan bagi para penderita osteoporosis, osteoarthritis, bahkan Anda yang tengah mengalami keretakan dan patah tulang.

Nah, itu dia 7 manfaat sehat edamame yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.