6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

manfaat puasa untuk kesehatan
Dewasa kini, telah banyak penelitian modern yang menyimpulkan bahwa puasa nyatanya tidak hanya baik bagi perkembangan mental saja, tapi juga bagi kesehatan tubuh. Simak manfaat puasa untuk  kesehatan berikut ini!

GoDok – Manfaat puasa untuk kesehatan – Bagi umat muslim, bulan Ramadhan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Karena selain dikenal sebagai bulan penuh rahmat, bulan Ramadhan juga dapat menjadi sarana meningkatkan perasaan empati terhadap sesama dengan cara berpuasa seharian. Namun, tentu masih banyak dari Anda, dewasa maupun remaja,  Eits, tapi tahukah Anda, bahwa praktik puasa ternyata juga diajarkan di semua agama, bukan hanya Islam saja?

Dewasa kini, telah banyak penelitian modern yang menyimpulkan bahwa puasa nyatanya tidak hanya baik bagi perkembangan mental saja, tapi juga bagi kesehatan tubuh. Nah, agar Anda tambah semangat dalam menyongsong bulan Ramadhan tahun ini, berikut Go Dok paparkan 6 manfaat puasa bagi kesehatan yang harus Anda ketahui:

Manfaat puasa untuk  kesehatan

 1. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain baik bagi kesehatan mental, berpuasa juga dianggap efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Alasannya? Karena saat berpuasa, produksi hormon adrenalin akan berkurang. Hasilnya, pembuluh darah perifer akan melebar sehingga tekanan serta volume darah ke jantung menurun. Hebat, bukan? Selain membuat jantung berdetak lebih teratur, kondisi tadi juga dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular.

(Baca: Ingin Jantung Sehat? Yuk, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!)

2. Mengurangi kadar lemak

Saat berpuasa, mau tidak mau Anda harus berhenti mengonsumi makanan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hasilnya, tubuh akan dapat membakar lemak dalam tubuh demi mendapatkan pasokan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Karenanya, tidak heran jika puasa yang dibarengi konsumsi makanan sehat akan membuat Anda kehilangan lemak ekstra dalam jumlah yang cukup signifikan.

(Baca: Yuk, Kenali Fakta-Fakta Sedot Lemak Berikut Ini!)

3. Memperpanjang umur

Jarang yang tahu bahwa berpuasa juga berkontribusi dalam memperpanjang umur. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena saat berpuasa, kita menerapkan pola makan yang rotatif sehingga tubuh secara otomatis akan menurunkan sekresi insulin serta berbagai hormon yang ada pada sistem pencernaan. Hal inilah yang kemudian dipercaya oleh para ahli endokrinologi sebagai rahasia untuk mendapatkan umur yang panjang.

(Baca: Ingin Terlihat Awet Muda? Lakukan 4 Hal Sederhana Ini!)

4. Menjaga berat badan

Berniat menurunkan berat badan? Nah, puasa bisa jadi pilihan ideal yang dapat Anda coba. Dengan berpuasa, Anda secara tidak langsung telah membatasi asupan kalori selama beberapa jam. Jadi, tubuh mau tidak mau harus membakar lemak demi mendapatkan energi untuk dapat beraktivitas secara normal. Karenanya, jika dilakukan secara tertib dan teratur, puasa akan membuat pasokan lemak dalam tubuh Anda berkurang sedikit demi sedikit. Hasilnya, berat badan akan terjaga dalam taraf yang ideal tanpa tambahan lemak. Mau, kan?

(Baca: Green Coffee, Si Biji Kopi Hijau Penurun Berat Badan)

5. Meningkatkan fungsi organ serta sel tubuh

Tahukah Anda bahwa saat berpuasa, organ-organ di dalam tubuh akan berada dalam keadaan rileks? Hal inilah yang kemudian memberikan kesempatan bagi organ untuk memperbaiki sel-selnya yang rusak. Tak hanya itu, organ tubuh Anda juga akan menunjukkan perbaikan dari segi fungsi dan kinerja.

(Baca: 10 Fungsi Ginjal Bagi Tubuh)

6. Merangsang perbaikan sistem imun

Terakhir manfaat puasa bagi kesehatan, puasa tebukti dapat merangsang produksi limfosit di dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, limfosit merupakan salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, serta agen asing lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Nah, dengan berpuasa, tubuh Anda akan merangsang produksi limfosit hingga 10 kali lipat dari kondisi normal. Hasilnya, Anda akan terhindar dari serangan penyakit sebab sistem kekebalan tubuh yang membaik.

Itu tadi 6 manfaat puasa untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Jadi makin bersemangat dalam menyongsong bulan Ramadhan, bukan? Jangan malas puasa, ya! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.