Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat pepaya
Manfaat pepaya sangatlah beragam salah satunya untuk mengatasi masalah pencernaan, diet, mencegah tubuh dari berbagai penyakit dan khasiat lainnya untuk menjaga kesehatan Anda

GoDok– Manfaat Pepaya-  Siapa sih yang tidak kenal pepaya? Buah berwarna orange kemerah-merahan dengan tekstur lembut dan rasa yang manis ini, ternyata banyak manfaatnya. Apa saja? Pertama, pepaya adalah sumber alami vitamin dan mineral yang penting untuk fungsi normal dalam tubuh manusia. Selain kandungannya yang baik, pepaya juga sangat bermanfaat untuk kelancaran pencernaan, menjaga tubuh dari berbagai penyakit dan masih banyak lagi. Nah, Anda penasaran dengan manfaat pepaya untuk lebih jauh lagi, bukan?

Yuk, simak ulasan seputar manfaat pepaya di bawah ini!

1.  Membantu Anda diet dan melancarkan pencernaan

Karena sebuah pepaya berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori, maka manfaat pepaya sangat baik untuk membantu Anda dalam menjalankan program penuruan berat badan, lho! Karenanya, daripada sibuk ngemil makanan lain, lebih baik Anda ganti cemilannya dengan pepaya! Selain kalorinya rendah, pepaya merupakan buah sehat yang tinggi kandungan serat. Jadi, sangat bagus untuk saluran pencernaan dan membantu Anda dalam melancarkan BAB. Hebat, bukan?

2.  Manfaat pepaya dapat menjauhkan Anda dari kanker dan serangan jantung

Kanker? Serangan jantung? Hii, dengarnya saja sudah seram, ya! Tapi, jangan takut! Anda bisa mengonsumsi pepaya untuk mencegah datangnya penyakit-penyakit tersebut, lho! Karena menurut studi Departemen Kesehatan Masyarakat di Harvard Medical School  menunjukkan kekayaan beta-karoten dalam pepaya dapat melindungi Anda dari kanker prostat dan kanker usus. Serta, pepaya kaya akan anti-oksidan dan fitonutrien yang bekerja melawan radikal bebas dan kolesterol tinggi dalam menghindari adanya serangan jantung. Wah, luar biasa sekali manfaat pepaya ini ya!

3.  Bagus untuk diabetes dan rendah kolesterol

Manfaat pepaya lainnya sangat baik bagi Anda yang menderita diabetes dan kolesterol! Karena menurut studi yang dilakukan Centre of Excellence Biomedical and Biomaterials Research di University of Mauritius, kandungan teh hijau dan pepaya yang telah difermentasi merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat, vitamin C dan anti-oksidan yang berperan dalam mencegah munculnya kolesterol. Mau?

4. Menjaga kesehatan mata

Selain hal-hal di atas, manfaat pepaya juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata, lho! Mengapa? Pepaya dikena luas akan kandungan vitamin A dan flavonoid-nya, yang terdiri dari beta-karoten, cyptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin. Semua kandungan tersebut akan membantu menjaga selaput lendir pada mata sekaligus mencegahnya mengalami kerusakan. Nah, karena itulah, demi mata yang sehat Anda mesti rajin pula mengonsumsi pepaya di samping wortel.

5. Menjaga kesehatan kulit

Ini dia yang biasanya digemari wanita! Memiliki kulit sehat dan lembut yang dapat membuat Anda terlihat awet muda, siapa yang tidak mau? Nah, pepaya bisa membantu Anda memilikinya, lho! Loh kok bisa? Tentu bisa, sebab kandungannya  -vitamin E, vitamin C, dan beta-karoten- memiliki sifat anti-aging yang tentu saja melawan munculnya keriput pada wajah. Selain menjaga Anda tetap awet muda, ketiga kandungan tersebut juga bisa mencegah kerusakan kulit dan menjaganya tetap sehat.

6. Pepaya bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jarang yang tahu bahwa manfaat pepaya dapat pula menjaga, bahkan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Melalui penelitian yang dijalaankan oleh Hiramoto dkk dari Jepang, terbukti bahwa kandungan anti-oksidan pada pepaya memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sejalan dengan hal tersebut, pepaya juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C terbaik, yang tentunya penting untuk menjaga sistem imun Anda. Jadi, masih tidak percaya?

Sekarang Anda telah mengetahui manfaat pepaya  yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang, jangan ragu dan konsumsilah pepaya secara rutin dan teratur, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.