Manfaat Muay Thai Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

manfaat muay thai bagi kesehatan fisik dan mental
Manfaat Muay Thai – Seni bela diri dengan menggunakan tangan kosong yang hanya mengandalkan gerakan tubuh, seperti tangan, siku, lutut, dan kaki dalam menjatuhkan lawan. Berikut manfaat muay thai bagi kesehatan fisik dan mental Anda!

GoDokManfaat Muay Thai- Ada yang pernah dengar istilah muay thai? Jika terdengar asing, yuk kenalan dengan cabang olahraga asli negeri Thailand ini! Muay thai merupakan seni bela diri dengan menggunakan tangan kosong yang hanya mengandalkan gerakan tubuh, seperti tangan, siku, lutut, dan kaki dalam menjatuhkan lawan. Selain bermanfaat untuk melindungi diri dari tindak kejahatan, muay thai ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda, seperti :

Manfaat Muay Thai Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

1. Meningkatkan kekuatan kaki

Sudah jelas, bahwa latihan gerakan menendang dalam muay thai yang dilakukan secara rutin dapat memperkuat otot tubuh terutama otot kaki. Nah, jika dilakukan secara teratur, tidak hanya otot kaki, namun juga akan melatih kelincahan Anda dalam bergerak dan membalas serangan yang dilakukan oleh lawan.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Muay thai mengajarkan Anda untuk menjadi lebih tenang ketika mengambil keputusan dalam situasi berbahaya dan setiap gerakan muay thai yang dilakukan untuk membalas serangan dari lawan mengajarkan Anda untuk mempercayai kemampuan yang dimiliki serta tidak ragu dengan keputusan yang telah diambil. Selain itu melalui muay thai Anda juga diajarkan bagaimana mengambil sebuah keputusan yang baik dengan memikirkan berbagai dampak yang mungkin terjadi dari keputusan yang diambil.

(Baca: Waktu yang Tepat untuk Berolahraga)

3. Melatih disiplin dan fokus

Untuk melakukan gerakan menendang dan meninju dalam waktu yang bersamaan, Anda memerlukan kedisplian dalam berlatih. Selain itu, untuk melakukan gerakan menendang dan meninju dalam waktu yang bersamaan Anda juga harus memiliki fokus yang baik. Tak hanya pada  gerakan yang akan dilakukan, fokus juga diperlukan guna memprediksi gerakan lawan dan bagaimana Anda membalasnya sembari mempertahankan diri. Semua hal itu harus Anda pikirkan dan mengambil keputusan dalam waktu yang singkat, sehingga tentu fokus yang tinggi diperlukan. Lama-kelamaan, Anda akan terbiasa untuk fokus terhadap hal apapun yang dilakukan.

(Baca: Mana yang Lebih Penting; Diet atau Olahraga?

4. Melatih mental

Dalam kehidupan, kekuatan mental seringkali Anda abaikan. Padahal, kondisi mental memiliki pengaruh cukup kuat ketika Anda diperhadapkan dalam sebuah situasi yang sulit. Muay thai mengajarkan Anda untuk berpikir positif dan melihat peluang dalam sebuah kondisi yang tampaknya tidak mungkin ada jalan keluar. Selain itu, muay thai juga akan mengoptimalkan kemampuan kompetitif Anda dalam menghadapi persaingan di lingkungan sosial . Hebat, bukan?

5. Meredakan stres

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami stres berat? Biasanya, hal ini terjadi disebabkan karena adanya perasaan kesal atau amarah yang tidak tersampaikan kepada seseorang. Nah, muay thai bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda dalam menyalurkan emosi atau amarah yang dirasakan, ketika amarah tersalurkan maka secara otomatis Anda akan merasa lebih lega.

(Baca: Kurangi Stres Dengan Berendam dalam Bathtub)

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Gerakan dalam muay thai yang menuntut Anda untuk melakukan gerakan menendang dan meninju secara berkali-kali tanpa mengurangi kekuatan, fokus dan kecepatan dalam waktu bersamaan akan meningkatkan metabolisme tubuh. Hasilnya, tubuh akan  lebih cepat membakar lemak menjadi energi yang Anda butuhkan. Menariknya, secara tidak langsung, hal ini juga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Manfaat muay thai lainnya yang didapatkan adalah Anda menjadi terlihat lebih awet muda karena racun dalam tubuh yang keluar melalui keringat yang dilakukan selama latihan. Wah, sekali dayung dua-tiga pula terlampau nih!

(Baca: Ingin Terlihat Awet Muda? Lakukan 4 Hal Sederhana Ini!)

7. Meningkatkan stamina

Muay thai tidak hanya berhubungan dengan kordinasi yang baik antara gerakan meninju dan menendang saja namun untuk melakukan kedua hal tersebut diperlukan tenaga atau stamina yang baik. Tanpa stamina Anda akan menjadi tidak bertenaga dan gerakan yang dilakukan tidak akan menjatuhkan lawan. Semakin rajin Anda melakukan muay thai maka semakin meningkat pula stamina yang Anda miliki.

Nah, itu tadi beberapa manfaat muay thai. Bagaimana? Tertarik mencoba?