Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kesehatan

manfaat minyak kelapa murni

Go Dok- Manfaat minyak kelapa murni- Minyak kelapa murni tentunya bukan lagi barang aneh bagi masyarakat Indonesia. Namun, di balik maraknya penggunaan minyak yang satu ini, masih sedikit orang yang sadar akan manfaatnya bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat minyak kelapa murni?

Simak paparan manfaat minyak kelapa murni lengkapnya berikut ini!

1. Merawat helai rambut

Manfaat minyak kelapa murni yang pertama adalah untuk merawat helai rambut Anda agar terlihat lebih mengkilau dan sehat. Biasanya, karena terlalu sering mengalami hair styling rambut akan terlihat kering, kusam, dan ujungnya bercabang. Nah, Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengganti conditioner menggunakan minyak kelapa murni.

2. Melembapkan dan mencerahkan kulit

Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang lembap dan berwarna cerah. Karenanya, jangan heran jika kemudian banyak di antara mereka yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan perawatan kulit maksimal di salon atau klinik-klinik kecantikan. Eits, jangan salah! Anda ternyata dapat mengganti ritual tersebut dengan rajin mengoleskan minyak kelapa murni di rumah. Cukup dengan memijat lembut kulit tubuh menggunakan minyak kelapa murni –setidaknya 2 kali dalam seminggu-, Anda bisa langsung melihat perubahan yang signifikan.

3. Menyamarkan kerutan

Selanjutnya, minyak kelapa murni juga dapat diaplikasikan untuk menyamarkan kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya di wajah. Caranya sangat mudah; pertama, basuh terlebih dahulu wajah hingga bersih. Lalu, oleskan minyak kelapa murni secara tipis dan merata lalu pijat dengan lembut. Setelahnya, barulah bilas kembali wajah dengan menggunakan air hangat. Mudah, bukan?

4. Mengoptimalkan diet

Manfaat minyak kelapa murni yang selanjutnya adalah untuk mengoptimalkan diet. Jarang yang mengetahui bahwa rantai asam lemak yang terkandung di dalam minyak kelapa murni ternyata cepat dibakar oleh tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi. Selain itu, dengan rajin menambahkan minyak kelapa murni ke dalam menu diet, Anda secara tidak langsung telah menstimulus metabolisme tubuh agar lebih optimal dalam membuang lemak yang terdapat dalam jaringan darah sekaligus mencegah pembentukan jaringan lemak baru.

5. Baik bagi jantung & penderita diabetes

Sebelumnya, mungkin Anda mengira bahwa minyak kelapa murni berbahaya bagi kesehatan jantung. Salah! Faktanya, kandungan polifenol di dalamnya justru dapat menstabilkan tekanan darah sekaligus mencegah terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah –atau yang dikenal juga dengan istlah ‘aterosklerosis’.

Selain itu, rantai asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa murni juga terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Tentunya, hal ini merupakan berita baik bagi penderita diabetes –terutama diabetes tipe 2.

6. Membasmi jerawat

Manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk membasmi jerawat. Terdengar aneh dan mengada-ngada, memang. Namun, dengan telaten mengoleskan minyak kelapa murni ke kulit wajah di malam hari, Anda telah memerangi bakiteri pemicu jerawat sekaligus merangsang regenerasi sel yang dapat mempercepat proses penyamaran luka. Hebat, bukan?

Itu tadi 6 manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.