Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

GoDok – Manfaat susu bagi kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain sebagai sumber protein, susu juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menangkal radikal bebas. Karenanya, tidak heran jika banyak yang membiasakan meminum susu di pagi hari. Tapi, apakah ada manfaat meminum susu di malam hari, khususnya sebelum tidur? Ini dia beberapa manfaatnya yang perlu Anda ketahui:

1. Membuat tidur lebih awal dan nyenyak

Apakah akhir-akhir ini Anda susah tidur? Meminum susu di malam hari mungkin dapat menjadi solusinya. Susu terbukti dapat merangsang tritopan dalam otak untuk memproduksi hormon melatonin dan serotonin yang berfungsi untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan memicu kantuk. Tapi, hindari konsumsi susu coklat di malam hari karena kandungan kafein, teobromin, dan xanthinenya malah akan membuat Anda terjaga.

(Baca: Penyakit Insomnia)

2. Menunda lapar

Jika Anda tidak ingin terjaga di tengah malam karena merasa lapar, maka biasakan untuk meminum susu rendah lemak sebelum tidur. Ini dikarenakan kandungan nutrisi dan mineral dalam susu dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hasilnya? Tubuh akan kembali segar ketika bangun karena tidur lebih nyenyak dan tidak terganggu rasa lapar.

3. Memperlancar saluran pencernaan

Meminum susu sebelum tidur ternyata dapat memperlancar pencernaan. Segelas susu hangat yang dicampur dengan madu terbukti mampu melancarkan buang air besar di pagi hari serta  mencegah timbulnya gangguan pada sistem perncernaan, seperti perut kembung, kelainan usus, konstipasi, dan lainnya.

4. Menenangkan sistem saraf

Setelah melakukan aktivitas seharian yang menguras pikiran serta tenaga, relaksasi otot, dan sistem saraf Anda dengan meminum susu sebelum tidur. Bukan saja tubuh menjadi lebih sehat, Anda pun akan kembali bersemangat untuk beraktivitas keesokan harinya.

5. Mempermudah penyerapan kalsium

Tahukah Anda, bahwa malam hari merupakan waktu di mana tulang menyerap secara optimal kalsium dalam tubuh? Dengan meminum susu sebelum tidur, Anda dapat menambah kandungan kalsium tubuh sehingga tumbuh kembang tulang pun akan semakin membaik.

6. Menambahkan berat badan

Bagi anda yang memiliki berat badan di bawah rata-rata dan ingin menggemukkan badan, minum susu sebelum tidur bisa jadi solusi paling jitu. Ini dikarenakan kandungan protein pada susu ternyata dapat menambah berat badan. Namun, hindari meminum susu murni, karena kandungan lemak jenuhnya dapat mengganggu fungsi jantung. Jadi, pilihlah susu rendah lemak sebagai minuman pengantar tidur.

(Baca: Badan Susah Gemuk? Waspadai Pertanda Penyakit Parah)

7. Membantu pemulihan tubuh pasca sakit

Bagi Anda yang baru sembuh dari sakit, meminum susu dapat memulihkan sistem tubuh. Kandungan protein pada susu terbukti mampu membentuk sel/jaringan baru sehingga proses pemulihan badan berjalan secara optimal.

Ayo, minum susu!

Leave a Reply