Manfaat Mengkudu; Kenali dan Rasakan Manfaatnya!

manfaat mengkudu

GoDokManfaat mengkuduDi kalangan masyarakat Indonesia, buah mengkudu sudah cukup terkenal manfaatnya dalam hal kesehatan. Bahkan, sari buah mengkudu sudah diekstrak dan dikemas dalam berbagai macam bentuk, mulai dari kapsul hingga cairan dalam botol. Meski begitu, belum cukup banyak orang yang mengetahui khasiat dari mengkudu secara terperinci.

Untuk itu, berikut Go Dok paparkan beberapa manfaat mengkudu untuk kesehatan Anda :

1. Mencegah kanker

Manfaat mengkudu untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah kanker. Sifat antikanker dari buah mengkudu telah teruji oleh penelitian secara klinis. Kandungan di dalam jus buah mengkudu dipercaya bisa mengurangi kemampuan kanker untuk menghambat pengikatan DNA karsinogen serta memperlambat pertumbuhan tumor pada kelenjar susu. Sifat antioksidan dalam jus buah mengkudu telah dikatakan baik untuk mencegah pertumbuhan kanker paru-paru dan kanker hati.

2. Menyembuhkan asam urat

Manfaat mengkudu untuk kesehatan yang kedua adalah menyembuhkan penyakit yang ditimbulkan oleh asam urat berlebih dalam tubuh. Jus buah mengkudu diyakini dapat menyembuhkan penyakit tersebut dengan menghambat atau menurunkan kadar asam urat di dalam darah Anda yang tadinya berlebih, sehingga secara tidak langsung juga mengobati encok.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat mengkudu untuk kesehatan yang selanjutnya adalah memperkuat imunitas tubuh Anda. Hal ini karena kandungan antioksidan-nya yang ampuh menangkal radikal bebas dan menetralkan efek-efek negatif di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan para perokok aktif, yang lebih rentan terkena berbagai macam penyakit, untuk mengonsumsi jus buah mengkudu secara rutin. Hasilnya, jus buah mengkudu terbukti memiliki efek perlindungan pada daya tahan tubuh mereka.

4. Mengatasi arthritis

Manfaat mengkudu untuk kesehatan yang keempat adalah mengatasi arthritis. Dengan rutin mengonsumsi sari mengkudu, rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis dapat diminimalisir. Berbagai penelitian terbaru menunjukkan bahwa sifat analgesik dari jus buah mengkudu juga dapat mengurangi kerusakan sendi terkait dengan arthritis. Khasiat analgesik yang dimaksud sebanding dengan yang terdapat pada tramadol (analgesik yang digunakan untuk mengatasi rasa sakit sedang hingga parah). Anda dapat mendapatkan khasiat yag satu ini dengan membungkus daun mengkudu segar di area sendi yang mengalami nyeri. Mudah, bukan?

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat mengkudu untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kadar LDL? Tentu Anda tahu bahwa para perokok memiliki kadar kolesterol tinggi dari stres oksidatif. Nah, menurut hasil penelitian yang dimuat dalam The Scientific World Journal, para perokok berat yang meminum jus buah mengkudu selama 1 bulan menunjukkan penurunan kolesterol yang cukup drastis. Intinya, meminum 29 – 118 mililiter jus mengkudu dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Hebat, bukan?

6. Menyehatkan rambut

Manfaat mengkudu untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah kerontokan, ketombe, dan uban pada rambut Anda. Untuk mendapat manfaat pencegahan ketombe dan kerontokan rambut, Anda cukup menghaluskan buah mengkudu, lalu mengaplikasikannya sebagai masker rambut. Setelah itu, bilas rambut hingga tak berbau dan bersih. Sementara untuk mengurangi kemunculan uban, Anda harus mencampurnya dengan daun pandan menggunakan satu liter air. Oleskan campuran air rebusan pandan dengan sai mengkudu, lalu oleskan pada rambut Anda secara merata. Untuk hasil yang optimal, lakukan hal ini tiga kali dalam seminggu, ya!

Nah, itu dia 6 manfaat mengkudu yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.