Manfaat Makan Tahu Untuk Kesehatan Anda

manfaat makan tahu

Go Dok- Manfaat makan tahu- Tahu oh tahu. Panganan sehat yang umumnya berbentuk kotak-kotak kuning dan putih ini sudah biasa kita temukan di dapur maupun meja makan masyarakat Indonesia. Makanan dari olahan biji kedelai ini memang cukup populer di Indonesia, dengan cara penyajian yang bermacam-macam, mulai dari digoreng hingga disayur. Meski begitu, banyak dari Anda yang tentu masih ogah mengonsumsi tahu dengan alasan tidak elit maupun karena rasanya yang hambar. Sayang sekali, karena tahu sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda, lho! Apa saja manfaat makan tahu untuk kesehatan?

Simak daftar lengkap manfaat makan tahu berikut ini!

1. Mencegah osteoporosis

Manfaat makan tahu yang pertama adalah untuk mencegah terjadinya osteoporosis di usia senja Anda. Pasalnya, pengeroposan tulang dapat dicegah sejak dini jika Anda rajin mengonsumsi panganan kaya protein seperti tahu. Tak hanya itu, tahu juga mengandung kalsium yang bisa memperkuat tulang-tulang Anda. Hebat, bukan?

2. Menjaga keseimbangan berat badan

Tahu merupakan salah satu makanan yang tinggi protein sekaligus rendah lemak. Karenanya, panganan sehat ini sangat cocok bagi Anda yang tengah menjalani program diet. Jangan khawatir, tahu juga bisa mengenyangkan perut Anda, kok!

3. Menurunkan risiko terjadinya kanker

Salah satu manfaat makan tahu yang cukup penting adalah untuk mencegah terjadinya kanker. Bagaimana bisa? Tentu bisa, sebab tahu mengandung selenium yang efektif dalam melindungi tubuh Anda dari pengaruh jahat radikal bebas sekaligus menurunkan risiko Anda terkena kanker usus besar. Tak hanya itu, kandungan isoflavon pada tahu juga dipercaya mampu mengurangi risiko terjadinya kanker payudara dan kanker prostat. Hmm, patut dicoba, nih!

4. Menjaga kesehatan kulit

Tahukah Anda bahwa tahu juga baik untuk menjaga kesehatan kulit? Pasalnya, kandungan vitamin, mineral, dan protein pada tahu sanggup menjaga kekencangan kulit Anda, sehingga dengan mudah dapat terhindar dari penuaan dini.

5. Mengatasi diabetes

Jarang yang tahu bahwa tahu dapat pula menyembuhkan penyakit diabetes, yang disebabkan kadar gula berlebih di dalam tubuh Anda. Nah, tahu mengandung protein tinggi yang bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah yang berlebih pada tubuh Anda, sehingga otomatis risiko Anda terkena diabetes pun akan berkurang. Jadi, jangan malas makan tahu, ya!

6. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat makan tahu yang selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh Anda. Pasalnya, mengonsumsi tahu yang terbuat dari kedelai dapat menggantikan kebutuhan tubuh akan asupan protein hewani. Justru, tahu akan lebih sehat karena mengurangi kolesterol dan kadar lemak jenuh yang tidak sehat bagi tubuh Anda. Selain itu, dengan menurunnya kadar kolesterol, otomatis risiko Anda terkena penyakit jantung juga akan berkurang, bukan?

7. Menambah energi tubuh

Manfaat makan tahu yang terakhir adalah untuk menambah kadar energi dalam tubuh Anda. Pasalnya, tahu merupakan sumber zat besi yang sanggup menyediakan sebanyak 30% kebutuhan harian Anda. Zat besi inilah yang kemudian akan meningkatkan produksi energi dalam tubuh Anda.

Nah, itu dia 7 manfaat makan tahu yang patut Anda ketahui. Yuk, konsumsi tahu mulai sekarang! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.