Manfaat Lidah Buaya, yuk Simak Poin lengkapnya di Sini

manfaat lidah buaya

GoDokManfaat lidah buayaLidah buaya -atau dikenal juga dengan istilah ‘aloe vera’-sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Yuk, cari tahu apa saja manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan lewat penjelasan lengkap khas Gop Dok berikut ini!

Manfaat lidah buaya yang harus Anda ketahui

1. Meningkatakn sistem imun

Manfaat lidah buaya yang pertama adalah meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh. Ternyata, dalam lidah buaya, banyak terkandung senyawa antioksidan yang baik untuk menangkal paparan zat asing dan radikal bebas pemicu penyakit.

2. Menyeimbangkan kadar asam tubuh

Manfaat lidah buaya selanjutnya, dalam istilah medis, proses menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh dikenal juga dengan istilah alkalisasi. Seperti yang telah Anda ketahui, tubuh manusia terdiri dari asam dan basa yang harus dijaga keseimbangannya. Namun, karena beberapa faktor (seperti asupan makanan yang sembarangan), kadar asam dalam tubuh dapat berkurang atau bertambah melebihi batas normal. Nah, Anda bisa mengembalikan kadar normalnya kemabli dengan rajin mengonsumsi jus lidah buaya. Hebat, bukan?

3. Detoksifikasi

Tanpa kita sadari, tubuh setipa harinya digempur oleh zat-zat asing bersifat racun yang berasal dari makanan, minuman, hingga asap dari lingkungan sekitar. Nah, Anda bisa merangsang proses keluarnya racun dari dalam tubuh (detoksifikasi) dengan rajin mengonsumsi lidah buaya setiap hari. Mau?

4. Melancarkan sistem pencernaan

Selanjutnya, manfaat lidah buaya yang tidak dapat disepelekan adalah melancarkan sistem pencernaann. Bagi Anda yang sering terkena konstipasi (susah BAB), maka dianjurkan untuk minum jus lidah buaya setiap hari karena senyawa di dalamnya terbukti dapat membersihkan serta menjaga kesehatan usus.

(Baca: Ini Dia Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar)

5. Mencegah peradangan

Sering mengeluhkan nyeri pada persendian? Maka, rutinlah mengonsumsi lidah buaya. Faktanya, senyawa dalam lidah buaya terbukti dapat mencegah sekaligus mengobati peradangan, termasuk peradangan pada sendi.

6. Menjaga kesehatan jantung

Tahukah Anda, bahwa ekstrak lidah buaya banyak digunakan di dunia medis untuk menjaga kesehatan jantung? Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa lidah buaya berkhasiat untuk merangsang difusi sel darah merah sekaligus memperlancar transportasi dan sirkulasi darah. Dengan begini, Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner dan stroke.

7. Melebatkan rambut dan alis

Selanjutnya, manfaat lidah buaya untuk melebatkan rambut dan alis. Ingin memiliki rambut dan alis yang lebat? Maka, rajinlah mengusapkan gel lidah buaya ke kulit kepala dan alis setiap harinya. Faktanya, enzim proteolitik dalam lidah buaya dapat mengikis kulit mati sekaligus merangsang pertumbuhan rambut dan alis.

8. Menyembuhkan luka

Punya bekas luka yang susah sembuh? Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan dengan menggunakan lidah buaya. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa senyawa yang terkandung dalam lidah buaya terbuktii dapat merangsang pembentukan jaringan kulit baru. Selain itu, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan luka parut akibat terjatuh. Mengejutkan!

(Baca: Ini Dia 7 Bahan Alami untuk Melebatkan Alis Mata!)

9. Melembapkan dan mencerahkan kulit

Bagi Anda kaum hawa yang mendamba memiliki kulit lembap dan cerah, maka sudah waktunya untuk beralih ke perawatan wajah berbahan dasar lidah buaya. Dengan rajin mengoleskan gel lidah buaya sebagai lulur minimal 2 kali dalam seminggu, Anda dapat merasakan manfaat exfoliation (pengikisan sel kulit mati). Selain itu, langkah ini juga ampuh untuk meningkatakn kecerahan kulit, lho! Mau?

10. Menghilangkan jerawat

Terakhir, manfaat lidah buaya yang harus Anda ketahui adalah untuk mengobati sekaligus menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Dengan mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, jerawat akan kempis lebih cepat. Selain itu, langkah ini juga efektif untuk menghilangkan noda hitam bandel bekas jerawat.

Itu tadi 10 manfaat lidah buaya yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!