Manfaat Kurma untuk Kesehatan; No. 10 Menakjubkan!

manfaat kurma untuk kesehatan

Go DokManfaat Kurma untuk Kesehatan – Jika mendengar frasa “buah khas bulan Ramadhan”, maka kemungkinan besar Anda akan langsung membayangkan kurma. Ya, buah yang dipercaya berasal dari daratan Persia ini memang banyak dijajakan jika waktu sudah mendekati bulan Ramadhan. Tahukah Anda, bahwa buah kurma ternyata mengandung sejuta manfaat?

Berikut Go Dok paparkan manfaat kurma untuk kesehatan:

1. Sumber energi

Manfaat kurma untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai sumber energi. Dalam sebuah kurma, terkandung gula alami -semisal glukosa, fruktosa, dan sukrosa- yang cukup tinggi. Inilah yang menjadikan kurma ideal dikonsumsi ketika berbuka puasa karena dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat kurma untuk kesehatan adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Karenanya, jika Anda menderita konstipasi, segera konsumsi beberapa butir kurma. Dijamin, BAB akan kembali lancar seperti sedia kala.

3. Mengobati anemia

Anda atau anggota keluarga menderita anemia? Maka, kurma bisa jadi salah satu alternatif pengobatan yang layak dicoba. Kandungan kalsium dan zat besi yang tergolong tinggi pada kurma terbukti ampuh untuk merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh.

4. Mempercepat proses pemulihan DBD

Ternyata, manfaat kurma untuk kesehatan bisa mempercepat proses pemulihan penyakit DBD. Kandungan beberapa senyawa -seperti Xinosa dan Galaktosa- dalam kurma terbukti dapat merangsang pertumbuhan jumlah trombosit hingga 23,90%. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda disarankan mengonsumsi sari kurma; bukan buah yang masih berbentuk utuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Layaknya pada buah pisang, kalium dalam kurma juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung. Cobalah untuk rutin mengonsumsi buah ini; maka, Anda akan segera merasakan perubahan positif pada kestabilan denyut dan kontraksi otot jantung.

6. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat kurma untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menstabilkan tekanan darah. Bagi Anda yang memiliki penyakit hipertensi, disarankan untuk rutin mengonsumsi kurma sebanyak 2-4 butir per hari. Kandungan nutrisi yang tinggi pada buah ini dijamin dapat menstabilkan kembali tekanan darah Anda.

7. Menjaga fungsi otak

Tahukah Anda, bahwa kandungan vitamin B dan kalium pada kurma terbukti dapat memperlancar aliran oksigen ke otak? Fakta inilah yang membuat buah kurma dianjurkan untuk dikonsumi secara rutin agar kesehatan dan fungsi otak tetap terjaga.

8. Mencegah insomnia

Selanjutnya, manfaat kurma untuk kesehatan juga dapat dipetik oleh mereka yang menderita gangguan tidur insomnia. Kandungan vitamin B3 dalam buah kurma dipercaya mampu mengembalikan ritem serta pola tidur Anda. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi si hitam manis ini, ya!

9. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Jarang yang mengetahui bahwa manfaat kurma untuk kesehatan dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dengan semakin bertambahnya usia, kepadatan dan kesehatan tulang serta gigi akan menurun. Hasilnya, Anda akan lebih rentan terkena berbagai kondisi kesehatan, seperti gigi keropos hingga osteoporosis. Ayo, hindari kemungkinan terburuk dengan rutin mengonsumsi kurma! Kandungan magnesium, selenium, tembaga, dan mangan pada kurma dijamin dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi hingga tua nanti.

10. Mencegah kanker lambung

Terakhir, manfaat kurma untuk kesehatan adalah mencegah kanker lambung. Selain dapat dicerna dengan cepat, buah kurma juga berperan sebagai tonik yang dapat meminimalisir risiko tumbuhnya sel abnormal pada lambung.

Itu tadi 10 manfaat kurma untuk kesehatan. Jangan ragu mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa dan sahur ya, sahabat sehat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.