Manfaat Kunyit yang Tak Terduga

manfaat kunyit
Tahukah Anda bahwa di samping kelezatan yang dihasilkannya, kunyit juga baik untuk kesehatan? Senyawa antioksidan dan anti-peradangan di dalam kunyitlah yang membuatnya kaya akan manfaat

GoDokManfaat Kunyit Siapa sih yang tak kenal dengan kunyit? Bumbu rempah khas Asia Tenggara dan Selatan yang satu ini tentu sudah biasa Anda dapati di dapur-dapur rumah tangga. Pasalnya, kunyit merupakan salah satu bumbuan yang dipakai hampir di setiap masakan, mulai dari bumbu ayam goreng, hingga resep gulai. Nah, tahukah Anda bahwa di samping kelezatan yang dihasilkannya, kunyit juga baik untuk kesehatan?

Menurut dr. Claudia Gravaghi, zat penting seperti senyawa antioksidan dan anti-peradangan di dalam kunyitlah yang membuatnya kaya akan manfaat. Status kunyit yang diakui sebagai rempah sehat membuat popularitasnya kian menanjak hingga ke dunia Barat. Penasaran apa saja manfaat kunyit?

Yuk, simak daftar lengkap manfaat kunyit berikut ini :

1. Melindungi otak

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah melindungi otak Anda. Kunyit memiliki senyawa turmeron aromatik yang mampu membantu dalam memperbaiki sel-sel otak Anda. Perbaikan sel-sel otak tersebut penting dalam pemulihan penyakit-penyakit serius terkait otak dan saraf, seperti Alzheimer dan stroke. Hebat bukan?

2. Mengatasi maag dan kembung

Menurut para ahli, zat-zat yang terkandung di dalam kunyit dapat mengatasi kembung, melancarkan sirkulasi darah, serta detoksifikasi racun dalam tubuh, sehingga pencernaan kembali berfungsi normal. Tak hanya itu, kunyit putih yang dicampur dengan sirih merah dan temulawak secara tradisional juga dipercaya ampuh dalam mengobati maag. Untuk penggunaanya, Anda cukup mencampur ketiga bahan tadi, menyeduhnya dengan air panas, lalu meminumnya selagi hangat. Mudah, bukan?

3. Menyehatkan gigi

Farah Dhukai, seorang vlogger muda, baru-baru ini menunjukkan bagaimana dirinya menggunakaan campuran kunyit dan minyak kelapa guna memutihkan giginya secara instan. Hasilnya, kedua bahan ini justru lebih ampuh dibanding odol pemutih yang dijual pasaran. Manfaat kunyit yang satu ini pun diamini oleh Victoria Veytsman, DDS, seorang dokter kosmetik gigi. Menurutnya, kandungan lemak pada minya kelapa mampu menarik bakteri gigi sekaligus menghilangkannya. Sementara itu, kunyit memiliki sifat abrasif yang dapat membantu dalam membersihkan gigi serta menambah kilapnya. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk praktikkan cara alami ini.

4. Meredakan nyeri sendi

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meredakan nyeri sendi. Dr. Claudian Gravaghi kembali menjelaskan bahwa kunyit memang dapat membantu Anda dalam mengatasi pembengkakan serta nyeri pada sendi. Sejalan dengan pernyataannya, sebuah penelitian turut menunjukkan khasiat ekstrak kunyit dalam meredakan rasa sakit pada penderita radang sendi.

5. Mengatasi jerawat

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang kelima adalah mengatasi jerawat. Dr. Sweta Rai, seorang dermatologis, memaparkan bahwa zat-zat yang terkandung pada kunyit berdampak positif bagi kulit karena mampu mengatasi masalah, seperti eksim dan jerawat.

6. Meredakan nyeri haid

Manfaat kunyit yang satu ini sudah terkenal luas di Indonesia. Gejala haid, seperti perut kembung dan nyeri karena kram. Nah, menurut beberapa penelitian, kandungan kurkumin di dalam kunyit dapat mebantu para wanita untuk mengatasi masalah ini. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi kunyit seminggu sebelum jadwal menstruasi, serta 3 hari setelahnya.

7. Melawan kanker

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang terakhir adalah membantu tubuh Anda dalam melawan kanker. Menurut penelitian terbaru, ditemukan bahwa kurkumin -kandungan dalam kunyit- dapat mematikan sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta mengoptimalkan efek kemoterapi.

Nah, itu dia 7 manfaat kunyit unutk kesehatan yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.