Manfaat Kemiri yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

manfaat kemiri
Penasaran apa saja manfaat kemiri dan minyaknya untuk kesehatan Anda? Yuk, simak daftar lengkapnya

 GoDokManfaat Kemiri Tentu banyak dari Anda , khususnya ibu rumah tangga yang gemar memasak, sudah tak asing lagi dengan kemiri. Rempah yang satu ini kerap digunakan untuk membumbui masakan, sekaligus menambah sedap rasanya. Tak hanya untuk masakan, minyak yang diekstrak dari kemiri juga ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan Anda.

Penasaran apa saja manfaat kemiri dan minyaknya untuk kesehatan Anda? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini :

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Anda

1. Mengobati diare

Manfaat kemiri yang pertama adalah mengobati buang air besar terlalu encer, alias diare. Pasalnya, kemiri memiliki kandungan gizi yang ampuh untuk menyingkirkan penyakit diare beserta bakteri penyebabnya. Karenanya, ketika tengah menderita diare, Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kemiri.

2. Mengatasi sakit gigi

Manfaat kemiri untuk kesehatan gigi dan mulut yang satu ini sudah terkenal cukup luas. Untuk maanfaat yang satu ini, penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu memghaluskan beberapa butir kemiri, lalu mencampurnya dengan getah batang kemiri. Campuran ini dapat Anda tempelkan pada bagian gigi yang bermasalah, guna mengurangi rasa sakitnya.

3. Mengobati sariawan

Tak hanya mengatasi sakit gigi, getah dan biji kemiri dapat pula digunakan untuk mengobati sariawan di mulut. Caranya? Tak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, Anda hanya perlu menempelkan biji atau getah kemiri pada bagian mulut yang terkena sariawan.

4. Mengatasi rambut rontok

Manfaat kemiri yang selanjutnya adalah merangsang pertumbuhan rambut Anda. Khasiat ini tentu telah sering Anda dengar, bahkan banyak produsen sampo menggunakan kemiri sebagai bahan utama. Pasalnya, dengan mengaplikasikan minyak kemiri pada rambut setelah keramas, rambut Anda bisa tumbuh lebih lebat dan lebih kuat. Hebat, bukan?

(Baca: Mari Mengenal Jenis dan Penyebab Sariawan)

5. Mengobati disentri dan diare

Jarang yang tahu bahwa manfaat kemiri ternyata bagus untuk kesehataan perut dan pencernaan Anda.

Kandungan vitamin dan asam folat di dalamnya dapat diperhitungkan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti diare dan disentri.

Nah, untuk mengobati disentri, Anda dapat mengikuti resep berikut ini :

  • Siapkan sekitar 10 gr kulit batang kemiri
  • Siapkan pula 400 cc air
  • Rebuslah kulit batang kemiri dengan air, hingga hanya tersisa 200 cc
  • Saring kulit batang, dan minum air rebusannya selagi hangat

Sedangkan untuk mengobati diare, Anda dapat mengikuti resep yang satu ini :

  • Siapkan 20 gr kulit batang kemiri
  • Rebuslah semuanya dengan 400 cc air, hingga hanya tersisa 200 cc air
  • Saring kulit batang, dan minum juga air rebusannya selagi hangat
6. Sebagai minyak gosok

Anda masuk angin? Maka memakai minyak kemiri sebagai minyak gosok untuk menghangatkan badan adalah pilihan terbaik. Tak perlu repot, Anda cukup menggosok punggung atau kulit perut untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh.

7. Mengobati gigitan serangga

Manfaat kemiri untuk kesehatan yang terakhir adalah mengobati gigitan serangga. Sehabis digigit serangga, kulit Anda biasanya akan mengalami peradangan dan merah-merah. Nah, cobalah minyak kemiri untuk menghilangkan bentol atau bekas merah gigitan serangga tersebut.

(Baca: Jika Digigit Serangga, Ini Dia Pertolongan Pertamanya!)

Itu tadi 7 manfaat kemiri untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!