Manfaat Keju; Si Toping Favorit Setiap Makanan

manfaat keju

Go Dok- Manfaat keju- Jika membahas tren makanan saat ini, rasanya tak ada salahnya menempatkan keju diposisi teratas. Pasalnya, bahan makanan yang satu ini sedang menjadi toping favorit hampir di setiap makanan, mulai dari camilan hingga makanan berat. Walaupun semakin banyak digemari, nyatanya banyak orang yang enggan mengonsumsinya dikarenakan kandungan kalori yang dipercaya cukup tinggi. Namun, tahukah Anda, keju ternyata memiliki banyak kebaikan bagi tubuh?

Berikut daftar ragam manfaat keju bagi tubuh Anda:

1. Sumber protein selain daging

Keju merupakan pilihan pengganti daging yang tepat karena memiliki kandungan protein tinggi dan tingkat asam amino yang sempurna. Selain itu, protein yang biasa ditemukan dalam produk susu ini, berfungsi untuk membangun massa otot dan juga memulihkannya. Melihat manfaat keju tersebut, maka tak heran jika para atlet dan binaragawan memasukan keju ke dalam daftar makanan wajib mereka.

2. Berkalsium tinggi dan mengandung vitamin B12

Faktanya, keju cheddar dapat memenuhi 20% kebutuhan harian tubuh yang sangat penting untuk membangun kekuatan tulang karena mengandung  200mg/1 ons kalsium. Selain itu, keju merupakan salah satu dari beberapa makanan yang memiliki kandungan Vitamin D secara natural sehingga dapat menyerap kalsium secara maksimal.

Kandungan vitamin B12-nya yang tinggi ternyata dapat membantu pembentukan sel darah merah dan fungsi neurologi yang mengatur saraf kranial otak Anda seperti sensorik dan motorik. Selebihnya, keju juga memiliki asam linolenic atau yang dikenal sebagai GLA (Gamma Linolenic Acid), terbukti sebagai agen anti-kanker dan dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh.

3. Memiliki kadar garam rendah

Ada baiknya kita mengurangi mengonsumsi garam dalam menu makanan kita sehari-hari. Jadi, jika Anda ingin mencari makanan yang memiliki kadar garam rendah, maka keju dapat menjadi pilihan yang tepat! Anda dapat mencoba keju yang berjenis lembut sebagaimana soft cheese memiliki kadar garam yang lebih rendah daripada keju yang bertekstur keras.

4. Berlemak sehat dan natural

Biasanya, alasan keju dijauhi oleh sebagian orang adalah komposisi lemak dan kalorinya yang tinggi. Namun jangan takut, pada dasarnya tubuh membutuhkan lemak untuk menghasilkan energi, akan tetapi tidak terlalu banyak. Selain itu, jenis lemak yang ada pada keju berkualitas tinggi dan dengan natural mengandung asam lemak omega-3. Kombinasi antar protein dan lemak baik pada keju ini, dapat menjaga nafsu makan Anda untuk beberapa jam juga lho.

5. Baik untuk gigi Anda

Kombinasi antar protein kasein, fosforus dan kalsium dalam keju dapat melindungi dari kerusaakn gigi. Selain itu, manfaat keju juga dapat membantu dalam menetralisir asam yang tertinggal dari sisa-sisa makanan dalam mulut dan juga menstimulasi pembuatan saliva yang keduanya penting untuk mencegah kita dari masalah dental.

6. Membuat suasana hati senang!

Bagi Anda yang memiliki suasana hati yang kurang baik, segeralah konsumsi keju. Karena, ternyata manfaat keju dapat membuat suasana hati senang, lho. Pasalnya, keju mengandung asam amino tyrosine atau tirosina yang apabila diproses dalam tubuh, zat darinya dapat menstimulasi suasana hati Anda untuk merasakan perasaan senang. Bahkan, lemak yang ada pada keju dapat menghasilkan hormon dopamine dalam otak, juga dapat membuat mood kita meningkat.

Nah itu dia manfaat keju yang tentu sangatlah baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meskipun demikian, Ingat! Konsumsilah keju secukupnya saja, ya. Bukankah segala hal yang berlebihan itu tidak baik? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Malas pergi ke dokter? Gunakan saja fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

YC/PJ/MA

Referensi