Manfaat Kakao Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

manfaat kakao
Manfaat coklat terdapat lebih besar pada biji kakao asli, yang belum dibubukkan ke dalam kemasan, diawetkan, serta ditambahkan pemanis buatan. Mau tau apa saja manfaat kakao bagi kesehatan Anda? Simak penjelasannya!

GoDok- Manfaat kakao – Kakao, alias biji cokelat, sudah lama disenangi berbagai kalangan sebagai minuman peneman sore. Lebih sedap jika diminum hangat-hangat, segelas cokelat juga akrab bagi Anda yang mencari kantuk di malam hari. Eits, tapi tahukah Anda bahwa selain sebagai teman menikmati sore, cokelat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Tentunya manfaat ini terdapat lebih besar pada biji kakao asli, yang belum dibubukkan ke dalam kemasan, diawetkan, serta ditambahkan pemanis buatan.

Penasaran apa saja manfaat kakao tersebut? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini :

1. Mengurangi rasa stres

Manfaat kakao bagi kesehatan yang pertama adalah mengurangi rasa stres. Berdasarkan penelitian di Sandiego School of Medicine, California, cokelat dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan rasa stres yang Anda derita. Hal ini karena beragam kandungan cokelat, mulai dari theobromine hingga methyl-xanthine dipercaya dapat memperbaiki mood sehingga mengurangi rasa stres serta mencegah depresi.

2. Menurunkan kolesterol

 Kandungan flavonoid di dalam cokelat memiliki antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol buruk di dalam tubuh Anda. Jadi, jika Anda merasa kadar LDL di dalam tubuh Anda meningkat, rutinlah megonsumsi cokelat agar dapat terbebas darinya.

3. Menyembuhkan batuk

Manfaat kakao bagi kesehatan yang ketiga adalah sebagai obat batuk. Penelitian terbaru menemukan bahwa suatu senyawa di dalam kakao, yang bernama theobromine, ternyata mampu meredakan batuk. Hal ini dilakukannya dengan mempengaruhi ujung saraf sensorik vagus yang jalurnya melalui saluran udara di dalam paru-paru.

4. Menyehatkan ginjal

Penelitian yang bertempat di jerman, menemukaan bahwa kandungan senyawa flavonoid dalam kakao dapat melancarkan peredaran darah, sehingga mengurangi sampah yang menumpuk di aliran darah saat seseorang menderita gagal ginjal. Hal ini juga juga dapat meningkatkan kesehatan ginjal Anda.

5. Stroke

Senyawa di dalam cokelat yang dinamakan epicatechin ternyata mampu menurunkan tingkat kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh penyakit stroke. Karenanya, jika Anda menderita stroke, atau masih pada tahap awalnya, konsumsilah cokelat secara rutin untuk mengurangi dampak penyakit ini.

6. Menjaga kesehatan jantung

Telah disebutkan sebelumnya bahwa kakao baik untuk kesehatan penderita gagal ginjal. Harus Anda ketahui, bahwa gagal ginjal dapat berujung pada datangnya penyakit jantung. Nah, karena cokelat mencegah semakin buruknya kondisi ginjal, otomatis ia juga mencegah penyakit jantung.

7. Mencegah penyakit hati

Manfaat kakao bagi kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah penyakit hati. Pasalnya, selain baik untuk ginjal dan jantung, senyawa antioksidan di dalam kakao juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi) di dalam hati. Nah, hal inilah yang akan meminimalisir kerusakan yang terjadi di pembuluh darah hati.

8. Menangkal radikal bebas

Tahukah Anda, bahwa kadar dari senyawa antioksidan di dalam kakao sangat tinggi? Khasiat dan kandungan antioksidan setara dengan yang terkandung pada 6 buah apel, lho! Kandungan antioksidan yang tinggi ini dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda. Karenanya, jangan ragu untuk mengonsumsi cokelat murni secara teratur.

9. Meredakan rasa lelah

Manfaat kakao bagi kesehatan yang terakhir terkait dengan ranah mental, yaitu mengurangi rasa lelah. Kandungan cokelat yang berupa kafein, theobromine, methyl-xanthine, dan phenylethylalanine dapat meredakan rasa lelah. Tak hanya itu, ketiganya dapat pula menambah energi Anda, jauh lebih efektif dibandingkan jika Anda meminum kopi atau penambah energi lainnya.

Nah, itu dia 9 manfaat kakao bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Malas pergi ke dokter? Gunakan saja fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download di sini.