Manfaat Infused Water Untuk Kebutuhan Air Tubuh Anda

manfaat infused water
Bagi Anda yang mulai memahami konsumsi infused water, Anda dapat pula memanfaatkannnya untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh

GoDok – Manfaat Infused Water  Menikmati makanan, bukan hanya perihal memindahkannya dari mulut ke perut. Melainkan juga proses perpindahan dari suatu bahan alam yang diolah dan masuk dalam suatu pola kebudayaan masyarakat. Nah, belakangan ini, muncul banyak tren baru hidup sehat, yang salah satunya adalah cara baru menikmati air putih. Tren ini diperkenalkan oleh salah satu blogger berkebangsaan Amerika Serikat, setelah memperhatikan kebiasaan dalam keluarganya yang kerap mengonsumsi air bersama potongan lemon.

Sebenarnya, sebelum adanya infused water, konsumsi air yang dicampur dengan buah telah lama Anda praktikkan, dengan mengonsumsi jus buah dengan campuran susu kental manis ataupun gula. Tak hanya itu, mereka yang lansia juga biasa mengonsumsi buah yang bersifat asam, misalnya jeruk nipis/lemon, yang diseduh air hangat dan ditambahan sedikit gula guna mengurangi keasamannya.

Melalui hasil pengamatan terbaru, para orang tua yang berusia sekitar 50 tahun, baik yang hidup di lingkungan perkotaan ataupun pedesaan lebih cenderung untuk mengonsumsi air putih yang diseduh hangat dengan atau tanpa tambahan buah. Juga campuran rempah-rempah. Lalu, bagaimanakah sebenarnya peran buah dan infused water dalam hal ini? Dan bagaimana kombinasinya yang ideal? Berikut penjelasan lengkapnya :

Penggunaan buah dalam infused water

Buah dalam infused water cenderung menggunakan buah yang bertekstur keras dan bercitarasa asam. Hal tersebut dilakukan guna menimbulkan efek segar setelah mengonsumsinya. Namun, kesegaran infused water tidak hanya Anda peroleh dari asamnya, tapi juga dari sari buah yang mengendap karena didiamkan dalam suhu rendah. Penggunaan buah yang bersifat asam umumnya hanya menggunakan satu atau dua jenis saja, tidak lebih. Karena selain pertimbangan ekonomis, pertimbangan rasa yang nantinya dihasilkan juga akan mempengaruhi minat Anda untuk mengonsumsinya. Selain itu, tidak lazim jika Anda menggunakan buah yang manis, sebab nantinya rasa manis buah tersebut akan berubah menjadi pahit saat terlalu lama direndam dalam air.

Penggunaan kombinasi rempah dengan buah

Dalam beberapa resep infused water, digunakan rempah-rempah, seperti kayu manis dan sereh untuk mendampingi buah asam. Kecenderungan memilih buah dan rempah sebagai  bahan utama adalah karena keduanya mudah dijumpai di iklim tropis Indonesia. Rempah-rempah kemudian juga digunakan untuk menghindari rasa asam yang terlalu kuat ketika minuman disesap.  Selain itu terdapat pula beberapa resep yang mencoba untuk memadukan kayu manis dengan buah apel. Meski begitu, secara umum masyarakat lebih memilih untuk mengonsumsi kombinasi antar-buah yang juga minim gula.

Lalu, apa saja manfaat infused water bagi tubuh?

Nah, bagi Anda yang mulai memahami konsumsi infused water, Anda dapat pula memanfaatkannya untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Tak hanya itu, infused water juga akan menyuplai tubuh Anda dengan berbagai vitamin guna menciptakakan sistem imun yang kuat. Klaim tentang infused water yang dijadikan sebagai alat detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh memang benar adanya. Hal ini didorong pula oleh konsumsi air dengan jumlah yang banyak., sehingga racun-racun dalam tubuh dan ginjal dikeluarkan dalam bentuk urin maupun keringat.

Nah, itu dia manfaat infused water untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh Anda. Bagaimana? Masih ragu untuk mengonsumsinya?

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.