Manfaat Hewan Peliharaan bagi Pertumbuhan Anak

manfaat hewan peliharaan

 

GoDok- Manfaat Hewan Peliharaan- Beberapa waktu lalu, masyarakat dibuat terhenyak dengan munculnya pemberitaan anjing jenis pitbull gigit anak berusia 8 tahun hingga tewas. Karena berita ini, banyak orangtua kemudian mengurungkan niat mereka untuk memelihara hewan peliharaan. Alasannya tidak lain karena takut jikalau si hewan peliharaan malah akan membahayakan keselamatan buah hati. Padahal, memelihara hewan peliharaan seyogyanya dapat memberikan beberapa manfaat untuk tumbuh kembang anak, lho! Tidak percaya?

Berikut penjelasan lengkap seputar manfaat hewan peliharaan:

1. Mengajarkan anak tanggung jawab

Manfaat hewan peliharaan yang pertama yaitu mengajarkan anak tanggung jawab. Gail F. Melson, Ph.D., -seorang profesor studi perkembangan anak dari Universitas Purdue- mengungkapkan bahwa keberadaan hewan peliharaan terbukti dapat membuat anak lebih bertanggung jawab. Tidak mengherankan! Sebab, ketika memelihara hewan di rumah, Anda secara tidak langsung telah mengajarkan anak bahwa terdapat beberapa rutinitas yang harus dilakukan agar kondisi dan kesehatan hewan terus terjaga. Rutinitas yang dimaksud meliputi memberi makan dan mengajak hewan peliharaan jalan-jalan.

2. Merangsang aktivitas fisik

Jangan keburu takut memelihara hewan di rumah karena berita anjing pitbull mengigit anak hingga tewas! Karena faktanya, memelihara hewan yang tepat dapat membuat anak lebih aktif secara fisik. Singkatnya, dengan memelihara hewan Anda secara tidak langsung telah memberikan anak teman bermain. Lebih baik daripada membiarkan bauh hati sibuk sendiri dengan gadget-nya, bukan?

3. Meningkatkan kecerdasan emosional

Dewasa kini, banyak orangtua merasa puas jika anaknya tumbuh menjadi sosok yang cerdas, atau ber-IQ tinggi. Padahal, hal ini tidaklah cukup; karena untuk menjadi sosok yang utuh, anak juga harus terbukti cerdas secara emosional. Karenanya, jangan ragu untuk memelihara hewan di rumah! Karena manfaat hewan peliharaan terbukti dapat membentuk anak menjadi sosok yang cerdas baik dari segi IQ maupun ESQ.

4. Memupuk rasa kasih sayang

Tahukah Anda, bahwa memelihara hewan di rumah terbukti dapat memupuk rasa kasih sayang dalam diri anak? Dengan memelihara kucing atau anjing, Anda telah mengajarkan pada anak bahwa merupakan kodratnya sebagai manusia untuk mengasihi sesama makhluk hidup. Kelak, nilai inilah yang akan turut membentuk pribadi anak menjadi sosok yang penuh kasih serta mudah bersimpati pada lingkungan di sekitarnya.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Selanjutnya, manfaat hewan peliharaan yaitu mampu meningkatkan kepercayaan diri anak. Ada baiknya, Anda pikir ulang keputusan ini! Karena studi terakhir menunjukkan bahwa keberadaan hewan peliharaan terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Lho, kok bisa? Faktanya, adanya hewan di rumah dapat menjadi alternatif teman bermain dan curhat anak. Inilah yang ditenggarai dapat memupuk rasa percaya diri si kecil. Hebat, bukan?

6. Mengurangi risiko alergi

Terakhir manfaat hewan peliharaan yaitu untuk mengurangi risiko alergi. Denis Ownboy, MD., -seorang pakar imunologi dari Medical College of Georgia– menyebutkan bahwa keberadaan hewan peliharaan terbukti dapat menurunkan risiko anak terkena alergi terhadap bulu hewan dan debu tungau. Denis juga lebih lanjut mengungkapkan bahwa jilatan hewan peliharaan ternyata dapat mengubah respon sistem imun anak terhadap alergen tertentu. Jadi, masih enggan memelihara hewan di rumah karena berita pitbull gigit anak?

Itu tadi beberapa manfaat hewan peliharaan untuk tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.