Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

manfaat donor darah bagi kesehatan
Selamat Hari Donor Darah Sedunia! Jangan ragu untuk mendonorkan darah Anda karena bukan hanya membantu orang yang membutuhkannya. Tapi, sangat bermanfaat juga bagi kesehatan Anda. 

GoDok – Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan- Hayo, siapa di antara Anda yang rajin mendonorkan darah ke rumah sakit terdekat? Meskipun tindakan ini terpandang mulia, namun masih banyak orang yang ragu mendonorkan darahnya. Sebab, kegiatan ini dipandang mengurangi pasokan darah diri sendiri. Tak hanya itu, donor darah juga ditakuti dapat menjadi sarana penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Memang, semua yang telah disebutkan itu benar adanya. Namun, jangan salah! Donor darah ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan , lho! Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini!

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

1. Mencegah Hemochromatosis

Pertama, manfaat donor darah bagi kesehatan. Hemochromatosis merupakan suatu kondisi kesehatan yang mucul karena tubuh Anda menyerap iron (zat besi) secara berlebihan. Kondisi ini biasanya diturunkan, atau disebabkan oleh kecanduan alkohol, anemia, dan masalah lainnya. Nah, mendonorkan darah secara rutin ternyata dapat mengatasi kelebihan zat besi di dalam tubuh Anda. Dengan begitu, maka Anda secara langsung juga mencegah hemochromatosis. Tak hanya itu, keseimbangan zat besi juga digadang-gadang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung, lho! Hebat, bukan?

2. Menurunkan risiko kanker

Menurut The Miller-Keystone Blood Center, mendonorkan darah secara rutin mampu menurunkan risiko Anda terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker hati, paru, tenggorokan, dan usus besar. Mengapa begitu? Usut punya usut, penumpukan zat besi di dalam darah juga disinyalir dapat meningkatkan kadar radikal bebas yang memicu kanker. Nah, karenanya mendonorkan darah berarti juga mengurangi penumpukan zat besi di dalam tubuh, sekaligus menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

(Baca: Katakan Tidak Pada Kanker di Hidup Anda!)

3. Memperlancar aliran darah

Selanjutnya, manfaat donor darah bagi kesehatan adalah untuk memperlancar aliran darah. Berdasarkan penelitian terbaru, mendonorokan darah secara berulang, dalam jangka waktu yang telah ditentukan,  dapat membantu darah Anda mengalir lebih halus. Artinya, akan kecil kemungkinannya aliran tersebut merusak lapisan pembuluh darah Anda. Mendonorkan darah juga bisa meminimalisir terjadinya penyumbatan arteri. Hebat, bukan?

4. Membakar kalori

Jarang lho yang tahu, manfaat donor darah bagi kesehatan secara rutin dapat membakar kalori sekaligus menurunkan berat badan Anda. Menurut University of California, setiap Anda menyumbangkan satu kantong (500 ml) darah, sekitar 650 kalori akan terbakar habis. Karenanya, para pendonor rutin bisa kehilangan cukup banyak berat badan. Hanya saja, jangan jadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan, lho!

(Baca: Bersihkan Rumah, Cara Jitu Bakar Kalori!)

5. Meningkatkan produksi darah

Mendonorkan darah secara teratur dapat pula memicu produksi sel-sel darah baru lebih lancar. Hal ini akan membuat tubuh bekerja lebih efisien dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

6. Memperbarui sel-sel darah

Ketika Anda mendonorkan darah, tubuh akan menggantikan volume darah yang hilang setelah didonorkan, dalam waktu 48 jam. Artinya, sel-sel darah merah dalam tubuh Anda akan diperbarui, dan dalam 4 hingga 8 minggu kebutuhan sel darah merah akan terpenuhi. Sel-sel baru ini akan membantu tubuh Anda tetap sehat dan semakin produktif.

7. Check-up kesehatan gratis

Terakhir, manfaat donor darah bagi kesehatan. Saat Anda terdaftar sebagai peserta donor darah, sebelum melakukan donor kesehatan Anda akan diperiksa secara lengkap. Mulai dari pengujian tes hepatitis, sifilis, hingga HIV, dan penyakit lainnya yang mungkin ditularkan melalui transfusi darah. Semua ini dilakukan secara cuma-cuma lho, jadi Anda bisa juga mengetahui kondisi kesehatan tubuh.

(Baca: Jantung : Kenali Si Organ Vital Pemasok Darah Ini)

Nah, itu dia 7 manfaat donor darah bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Jangan ragu untuk mendonorkan darah Anda, ya! Semoga bermanfaat!