Manfaat di Balik Anak laki-laki yang Dekat dengan Ibu

www.go-dok.com

Apakah Anda termasuk ‘anak papi’ atau ‘anak mami’? Sebenarnya, tidak salah jika Anda lebih dekat dengan salah satu sosok orang tua. Tapi, bukankah lebih mengesankan jika anak perempuan dekat dengan ayahnya dan anak laki-laki dekat dengan ibunya?

“Anak laki-laki pasti lebih dekat dengan sosok ibu dibanding ayah” kalimat tersebut pasti sudah sering Anda dengar, namun sudahkah Anda mengetahui penjelasan psikologis pernyataan di atas? Jika belum, yuk kita simak penjelasannya!

1. Memiliki nilai akademik yang baik

Mengungkapkan isi hati terkadang susah untuk dilakukan oleh anak laki-laki. Padahal, tidak jarang mereka didera berbagai permasalahan, salah satunya adalah masalah akademik. Ketika seorang anak terbuka dengan bunda mengenai permasalahnnya di sekolah, ia akan langsung mendapatkan solusi yang bisa dipraktekkan dari sudut pandang orang dewasa. Selain itu, ibu juga bisa berperan sebagai tutor di rumah sehingga nilai anak membaik.

2. Memiliki kecerdasan emosi dan empati

Dekat dengan ibu, dapat membuat seorang anak laki-laki akan cenderung lebih terbuka, mudah mengekspresikan emosi, serta percaya diri. Selain itu, pelukan ibu terbukti dapat meningkatkan kepekaan serta rasa simpati dan empati anak terhadap orang lain. Kok bisa? Penelitian klinis dan psikologis menunjukkan bahwa pelukan antara orang tua, khususnya ibu dengan anak dapat meningkatkan kecerdasan otak anak, merangsang produksi hormon oksitosin yang berfungsi untuk menghasilkan  perasaan tenang dan bahagia, serta membantu mengeluarkan zat berbahaya dari otak

3. Memiliki kepedulian tinggi terhadap keluarga

Dr. William Pollack, profesor bidang psikologi di Harvard University, mengatakan bahwa anak laki-laki yang dekat dengan ibu kelak akan menjadi pria yang bersedia untuk melakukan pekerjaan perempuan, seperti menyapu, mencuci piring, bahkan memasak. Selain itu, kedekatan ibu dengan anak laki-laki dapat membuat mereka menjadi lebih mengerti perasaan perempuan.

4. Memiliki karir cemerlang

Anak laki-laki yang dekat dengan ibu akan lebih cenderung komuniktif dan kuat secara mental. Hal tersebut sesuai dengan kebutuhan ekonomi saat ini. Memiliki mental baja dan berani berpendapat akan memudahkan anak untuk mendapatkan karir yang cemerlang.

5. Memiliki pemahaman yang baik tentang maskulinitas

Bagi sebagian anak laki-laki, maskulinitas sering dihubungkan dengan kondisi fisik yang bagus serta pribadi yang dingin, tegas, dan keras kepala. Hal ini akan berubah jika ia dekat dengan ibu, karena pengertian maskulinitas akan diperjelas dengan indikator perilaku mulia, seperti tidak mudah menyerah, bertanggung jawab, bijak, perasa, dan menerima pendapat tanpa harus menjatuhkan.

Jadi, jangan malu menjadi ‘anak mami’!

Leave a Reply