Manfaat Daun Kelor; Si Daun Hijau Ajaib

manfaat daun kelor

GoDok- Manfaat daun kelor- Apa yang pertama kali terbersit di benak Anda ketika mendengar daun kelor? Mungkin, benak Anda akan langsung membayangkan daun hijau yang konon banyak digunakan untuk tujuan mistis. Eits, jangan salah sangka dulu! Karena nyatanya, daun kelor juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Tidak percaya?

 Simak penjelasan lengkap mengenai 9 manfaat daun kelor berikut ini!

1. Menurunkan berat badan

Manfaat daun kelor yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Kabar baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet, bukan? Ya, studi mengemukakan bahwa senyawa dalam daun kelor dapat merangsang kerja metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak pun dapat berjalan lebih optimal. Selain itu, bila diolah menjadi teh, maka daun kelor dapat diserap lebih baik oleh usus sehingga Anda akan terhindar dari masalah sistem pencernaan.

2. Menjaga kesehatan kulit & mata

Selanjutnya, daun kelor juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit Anda. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa dalam daun hijau ini terkandung senyawa antiseptik dan anti-inflamasi, belum lagi kadar vitamin A-nya yang tinggi.

3. Mengobati sariawan

Meskipun bukan termasuk penyakit mematikan, namun sariawan tetap saja mengganggu. Karenanya, atasi segera dengan daun kelor! Caranya, berkumur-kumurlah dengan menggunakan air rebusan daun kelor setiap kali akan tidur. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dijamin dapat mengusir sariawan dengan cepat.

4. Mengatasi pegal & linu

Punya keluhan tubuh yang sering terasa pegal dan linu? Atasi dengan daun kelor. Studi terakhir mengungkapkan bahwa dalam daun kelor terkandung senyawa pterigospermin yang berkhasiat untuk merelaksasi otot, meredakan pegal dan linu, mengatasi kram, hingga mempercepat proses penyembuhan sendi yang keseleo. Caranya? Cukup dengan mengoleskan daun kelor yang sudah ditumbuk halus ke area yang bermasalah.

5. Meredakan gejala rematik

Manfaat daun kelor yang selanjutnya adalah untuk meredakan gejala rematik. Fakta ini sejalan dengan hasil studi yang dipublikasikan di “The Journal of Chinese Integrative Medicine” –studi ini mengungkapkan bahwa ekstrak daun kelor terbukti dapat mengurangi sakit sekaligus meminimalisir peradangan pada sendi.

6. Membantu pemenuhan nutrisi tubuh

Jarang yang mengetahui bahwa daun kelor ternyata kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi penting yang dimaksud meliputi mangan, potasium, kalsium, magnesium, dan zat besi.

7. Menjaga kesehatan otak & saraf

Ingin memiliki otak dan sistem saraf yang selalu terjaga kesehatannya? Maka, rajin-rajinlah mengonsumsi daun kelor! Penyebabnya tidak lain karena dalam daun kelor terkandung beragam kandungan aktif, seperti anti-oksidan dan asam amino-triptofan. Sssst, rajin mengonsumsi daun kelor juga terbukti ampuh untuk merangsang produksi hormon serotonin, lho! Inilah yang akan membuat mood Anda selalu terjaga. Mau?

8. Menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh

Memiliki kadar gula darah yang stabil tentunya merupakan hal yang penting; karena hal ini dapat menghindarkan Anda dari penyakit diabetes. Nah, salah satu cara untuk memeroleh kondisi tadi adalah dengan rutin mengonsumsi daun kelor. Faktanya, para peneliti dari University of Wisconsin LaCrosse mengemukakan bahwa konsumsi daun kelor terbukti dapat menambah energi tubuh tanpa harus meningkatkan kadar gula darah. Mengejutkan, bukan?

9. Menurunkan risiko terkena kanker

Manfaat daun kelor yang terakhir adalah untuk menurunkan risiko Anda terkena kanker. Mungkin terdengar mengada-ngada; namun, sebuah studi yang dipublikasikan di “Asia Pacific Journal of Cancer Prevention” menyebutkan bahwa kombinasi asam amino, antioksidan quercetin, fitronutrien karetenoid, dan senyawa antibakterial dalam daun kelor terbukti ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel abnormal pemicu kanker.

Itu tadi 9 manfaat daun kelor yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga: