Manfaat dan Batasan Mengonsumsi Jeruk Nipis

manfaat dan batasan mengonsumsi jeruk nipis
Manfaat jeruk nipis memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, segala hal yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk. Untuk itu, yuk simak manfaat dan batasan mengonsumsi jeruk nipis berikut!

GoDokManfaat dan Batasan Mengonsumsi Jeruk Nipis -Bagi masyarakat Indonesia, jeruk nipis tentu sudah tak asing lagi digunakan sebagai penyedap makanan. Bumbu dapur satu ini seringkali dimanfaatkan untuk memperkaya rasa sambal, sehingga terdapat pula sensasi asam di samping kepedasannya. Tak hanya itu, kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis ternyata juga dicap mampu membantu dalam proses penurunan berat badan, lho! Banyak pula manfaat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Penasaran apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak daftar berikut ini!

Manfaat mengonsumsi jeruk nipis

– Membantu proses pembakaran lemak

Journal of American College of Nutrition melaporkan bahwa mereka yang memilih diet tinggi vitamin C mampu membakar 30% lemak lebih banyak selama melakukan olahraga dibandingkan yang hanya melakukan diet dengan membatasi asupan kalori setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa vitamin C sebenarnya memainkan peran penting dalam membantu tubuh Anda memecah lemak selama berolahraga.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

Anda bisa mengonsumsi jeruk nipis dengan cara memerasnya dan mencampurkan air perasan tersebut dengan air secukupnya. Sangat dianjurkan untuk meminum perasan air jeruk nipis dalam keadaan dingin ketika mengalami dehidrasi pada saat berolahraga. Mengapa? Sebab, air dingin akan lebih mudah diserap oleh tubuh dan mampu mengatasi dehidrasi lebih cepat. Ingat pula, segelas air jeruk nipis tanpa pemanis hanya mengandung 22 kalori, dan merupakan pilihan terbaik untuk Anda tenggak saat haus dan mengalami dehidrasi dalam berolahraga.

– Mempercepat metabolisme tubuh

Satu-satunya cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan cara melakukan olahraga secara teratur. Selain dapat membakar lebih banyak kalori, manfaat jeruk nipis juga mampu membangun massa otot, lho! Tak berhenti di situ, jeruk nipis juga akan membantu dalam mempercepat metabolisme tubuh ketika dikonsumsi setiap hari saat tengah menjalani program diet. Hebat, bukan?

– Mengurangi penyerapan gula dalam tubuh

Sama dengan lemon, jeruk nipis kaya akan asam sitrat. Asam sitrat yang masuk ke dalam tubuh dan berinteraksi dengan jenis asam lain dan enzim yang ada dalam tubuh akan membantu menjaga pencernaan agar lebih sehat.

Kandungan asam yang tinggi dalam air jeruk nipis membantu dalam mengurangi penyerapan gula dari makanan yang Anda makan. Seperti diketahui darah yang mengandung kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebih sehingga akan menjadi sulit bagi Anda untuk mengontrol nafsu makan selama menjalani program diet.

(Baca: Atasi Vertigo dengan Obat Alami Berikut Ini!)

Batasan konsumsi jeruk nipis

Meskipun jeruk nipis memiliki banyak manfaat, namun tentu saja ada batasan mengonsumsi jeruk nipis yang harus Anda perhatikan. Pertama, mengonsumsi jeruk nipis setiap hari ketika tengah menjalani diet tanpa diimbangi dengan olahraga dan membatasi asupan kalori, nyatanya tidak akan memberikan dampak bagi penurunan berat badan. Mengapa? Sebab, pada prinsipnya jeruk nipis yang diminum secara rutin hanya membantu dalam penurunan berat badan. Selain itu, bagi Anda yang mengidap penyakit maag, tidak disarankan untuk mengonsumsi jeruk nipis tanpa makan terlebih dulu. Sebab, jeruk nipis memiliki kadar asam yang terlalu tinggi dan jika Anda tetap mengonsumsinya, bisa-bisa penyakit maag kambuh lagi!

Nah, itu tadi manfaat dan batasan dari mengonsumsi jeruk nipis. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Comments are closed.