Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

manfaat cengkeh
Apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan? Ketahui 6 manfaat cengkeh bagi kesehatan lewat penjelasan lengkap ala Go Dok berikut ini

GoDok – Jarang yang mengetahui apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan. Padahal, bumbu dapur yang satu ini umum sekali digunakan oleh orang Indonesia sebagai penyedap masakan. Kepopulerannya bertambah saat pabrik-pabrik rokok di Indonesia menyunting cengkih sebagai pendamping utama tembakau. Memang, aromanya yang kuat menjadi salah satu alasan rempah ini banyak digunakan masyarakat.

Eits, tapi tahukah Anda bahwa manfaat cengkeh tak hanya sebatas penambah rasa dan aroma? Jika Anda penasaran, ada baiknya Anda simak penjelasan berikut ini: 

Sekilas tentang cengkih

Cengkih merupakan sebuah tunas berwarna merah muda yang dipetik dari pohon cemara. Tunas ini berwarna hijau pada awalnya, dan berubah merah saat siap dipanen. Pada musim panen, tunas yang telah dipetik kemudian akan dikeringkan oleh para petani cengkeh hingga berwarna cokelat tua. Rata-rata, tunas cengkih yang telah dipanen memiliki panjang sekitar 2 cm. Jika dijadikan penyedap masakan, rempah ini akan menghasilkan rasa yang manis dan hangat.

Apa saja kandungan di dalamnya ?

Perlu Anda tahu, bahwa cengkih memiliki kandungan yang cukup berbobot. Dalam 100 gr terkandung 65 gr karbohidrat, 6 gr protein, 13 gr total lipid, 2 gr gula, 274 kkal energi dan 33 gr serat makanan. Tak hanya itu, rempah ini juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, natrium, kalium, dan seng. Terakhir, cengkih juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K. Cukup mengesankan, bukan?

(Baca: Jeruk; Si Asam yang Kaya Akan Manfaat)

Lalu, apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan?

Cengkih merupakan jenis rempah yang pohonnya endemik di beberapa wilayah -termasuk daerah Timur Indonesia- dan mendunia sejak abad -abad awal Masehi. Rempah ini segera laku di pasaran karena kegunaannya yang beragam, mulai dari sebagai penyedap masakan hingga obat tradisional. Manfaatnya untuk kesehatan pun juga banyak lho, seperti :

1. Menjaga kesehatan kulit dan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin di dalam cengkih memang tidak usah dipertanyakan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Dimana vitamin A ini bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Sementara itu, vitamin K, vitamin-B6 (pyridoxine), thiamin (vitamin B-1), vitamin-C dan riboflavin di dalamnya akan membantu tubuh dalam mengembangkan resistensi atau daya tahan terhadap virus dan bakteri.

(Baca: Ingin Kulit Cantik dan Sehat? Pakai Oatmeal Saja!)

2. Membunuh virus dan kuman penyebab penyakit

Jarang yang tahu bahwa rempah asli Maluku Utara ini efektif dalam membunuh bakteri. Tak hanya itu, sifat anti-bakteri pada cengkih juga mampu membasmi virus dan patogen penyebab penyakit lainnya. Hebat, bukan?

3. Menjaga kesehatan lambung

Tidak hanya anti-bakteri, cengkih juga memiliki kandungan anti-parasit, lho. Anti-parasit yang terdapat didalamnya sering digunakan untuk mengatasi perut kembung serta gangguan pencernaan lainnya. Selain bersifat anti-parasit, manfaat lainnya untuk membuat pencernaan menjadi lebih baik dengan merangsang sekresi dari enzim pencernaan.

(Baca: 5 Bahan Sederhana Untuk Atasi Maag)

4. Melindungi hati

Tahukah Anda bahwa selain vitamin dan mineral, cengkih juga memiliki kandungan antioksidan? Kadar antioksidannya ini memiliki jumlah yang ideal untuk melindungi organ dalam tubuh dari dampak radikal bebas, terutama organ hati. Hasilnya, risiko Anda untuk terkena  penyakit hati pun akan semakin mengecil.

(Baca: Jaga Hati dengan Konsumsi Makanan Ini!)

5. Mengontrol kadar gula darah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rempah yang satu ini banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk beragam penyakit. Salah satu dari penyakit tersebut adalah diabetes. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa ekstraknya mampu meniru dan memberikan manfaat seperti insulin dengan cara tertentu sehingga dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

6. Menjaga kesehatan tulang

Ekstrak hidro-alkohol, senyawa fenolik seperti flavones, isoflavones dan flavonoid pada cengkih membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang. Tak hanya itu, kandungan tersebut dapat pula  membantu dalam mencegah osteoporosis. Karenanya, tidak ada ruginya untuk sesekali mengonsumsi cengkeh, kan?

Terakhir, bagaimana cara penyimpanannya?

Untuk dapat mendapatkan manfaatnya secara utuh maka dibutuhkan cara khusus agar cengkih dapat bertahan lebih lama dan dalam keadaan segar. Karena itu, harus disimpan pada tempat yang sejuk dan gelap. Anda dapat pula menyimpannya menggunakan wadah kedap udara yang kembali ditutup dengan koran atau plastik hitam agar cahaya tidak menembus dan mengenai permukaannya. Dengan cara ini, rempah ini dapat tereservasi dengan baik, dan Anda pun dapat lebih lama menikmati manfaatnya.

Nah, semoga bermanfaat!

Comments are closed.