Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan, Apa Saja?

manfaat cabai rawit
Penasaran apa saja manfaat cabai rawit untuk kesehatan? Simak 7 manfaat cabe rawit untuk kesehatan lewat artikel Go Dok berikut ini!

GoDok – Siapa yang tidak kenal cabai rawit? Dikenal dengan nama ilmiah Capsicum frutescens, tumbuhan yang menghasilkan buah cabai ini endemik di negara-negara Asia Tenggara, termasuk di Vietnam, Thailand, dan Indonesia.  Sebagai salah satu jenis cabai, jelas yang memiliki panjang rata-rata 2-3 cm serta tampilan dengan warna merah, hijau dan kuning, manfaat cabai rawit tidak kalah dengan jenis cabai lainnya. Tidak heran, bumbu dapur satu ini sangat populer di Indonesia. Komponen yang terkandung dalam cabai rawit menyediakan berbagai manfaat kesehatan, lho.

Berikut 7 manfaat cabai rawit yang harus Anda ketahui:

1. Menghentikan pendarahan

Manfaat cabai rawit yang pertama adalah untuk membantu menghentikan perdarahan secara cepat. Caranya? Mudah saja, Anda cukup membelah dan menggosok beberapa potongan cabai rawit di tempat terjadinya luka. Gosoklah beberapa kali. Hal ini dapat membantu perdarahan berhenti. Namun ingat, cara ini akan membuat Anda sedikit merasa perih sehingga pilihan untuk menggunakannya pun ada di tangan Anda.

2. Membunuh sel-sel kanker

Capsaicin, zat kimia penghasil rasa pedas  yang terdapat pada cabai rawit ternyata memiliki efek anti-proliferasi yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu, zat ini juga dapat memperlambat perkembangan tumor prostat, lho. Selain itu, capsaicin dapat pula mendetoksifikasi berbagai karsinogen kimia yang apabila terus dibiarkan akan mengakibatkan pertumbuhan sel menjadi tidak normal sehingga menyebabkan kanker. Lebih lanjut, capsaicin juga akan membunuh karsinogen kimia dengan merusak membran sel dan membatasi jumlah oksigen yang mencapai sel-sel kanker sehingga sel tersebut perlahan akan mati dengan sendirinya. Hebat, bukan?

(Baca: Katakan Tidak Pada Kanker di Hidup Anda!)

3. Menurunkan berat badan

Selanjutnya, maanfaat cabe rawit yang bisa Anda daoatkan adalah untuk menurunkan berat badan. Tahukah Anda bahwa zat capsaicin yang terkandung dalam cabai rawit dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan? Anda dapat merasakan manfaatnya yang satu ini dengan menambahkan satu sendok teh bubuk cabe ke dalam makanan yang sedang Anda konsumsi. Hal ini akan membantu pembakaran kalori di dalam tubuh Anda sebanyak 15 kal tanpa harus takut kehilangan nilai gizi di dalam makanan tersebut. Mudah bukan?

(Baca: Kabar baik! Rutin Sarapan dapat Turunkan Berat Badan)

4. Mempercepat proses penyembuhan ulkus peptikum

Bagi Anda yang belum tahu, Ulkus peptikum adalah luka yang terjadi  pada lapisan mukosa duodenum (bagian atas dari usus kecil) atau sekitar daerah lambung. Ya, benar, kondisi ini berkaitan dengan lambung. Sebagian besar dari Anda yang memiliki penyakit maag cenderung menghindari konsumsi cabai karena percaya rasa pedas pada cabai dapat memperburuk kondisi lambung. Namun, belakangan telah ditemukan sebuah fakta mengejutkan bahwa kandungan capsaicin dalam cabai justru dapat memberikan perlindungan pada selaput lendir perut. Selain itu, cabai rawit ternyata juga dapat berfungsi sebagai anestesi lokal untuk jaringan ulserasi di perut sehingga rasa sakit yang dialami menjadi berkurang. Nah, bagi Anda yang mengalami kondisi ulkus peptikum, kandungan capsaicin ini juga memiliki kemampuan untuk membangun kembali jaringan perut dan mengalirkan darah lebih cepat ke jaringan tempat terjadinya luka. Hasilnya, luka tersebut akan pulih lebih cepat.

(Baca: Waspada ! Ini Dia Gejala-Gejala Gangguan Usus Buntu!)

5. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kandungan antioksidan, vitamin c dan betakaroten yang terdapat dalam cabai rawit berkhasiat untuk mengurangi terjadinya penggumpalan darah, lho! Selain itu, ketiga kandungan tersebut dapat pula menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta dapat memperlambat proses penuaan kulit Anda. Tentunya khasiat yang ini tidak ingin Anda lewatkan, bukan?

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat cabai rawit yang tidak kalah penting adalah untuk mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung. Kandungan agen inflamsi dan antioksidan dalam cabai rawit akan membuat jantung Anda lebih sehat. Selain itu, cabai rawit juga dapat membantu Anda dalam menurunkan kolesterol. Hasilnya, tekanan darah di dalam tubuh Anda akan tetap terjaga dalam kadar yang sehat sehingga lebih banyak  darah yang mengalir ke jantung.

(Baca: Ingin Jantung Sehat? Yuk, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!)

7. Menyuburkan rambut

Manfaat cabe rawit yang terakhir adalah untuk mnyuburkan rambut. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebab utama terjadinya kebotakan adalah terjadinya penurunan sirkulasi darah di bagian kepala. Sehingga menggunakan cabai rawit pada kulit kepada secara langsung dapat meningkatkan sirkulasi darah di bagian kulit kepala, selain itu cabai rawit akan membuat rambut terlihat lebih bersinar. Cara penggunaannya pun cukup mudah, lho. Anda cukup menggosok bagian dalam cabai rawit di kulit kepala dan Anda. Jika ingin, Anda dapat pula mencampurnya dengan minyak zaitun sebelum mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala Anda.

Nah, itu tadi 7 manfaat cabe rawit yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!