Manfaat Berendam di Air Panas; Apa Saja, Ya?

manfaat berendam di air panas

Go Dok- Manfaat berendam di air panas- Ciater-Subang, Cipanas-Garut, dan  Guci-Tegal adalah beberapa destinasi wisata pemandian air panas di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Tak sekedar menjadi pilihan tujuan wisata, konon air panas yang bersumber dari air alami ini, dipercayai memiliki khasiat menyembuhkan aneka penyakit khususnya kulit. Lho! Tak percaya?

Berikut manfaat berendam di air panas  yang harus Anda tahu!

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat berendam di air panas yang pertama dapat meningkatkan sirkulasi darah. Saat berenang di air panas yang mengandung belerang atau sulfur, secara otomatis kulit Anda akan langsung meresap berbagai mineral seperti kalsium dan sodium bikarbonat. Kedua jenis mineral inilah yang dapat meningkatkan tekanan sirkulasi dan oksigen pada tubuh, yang efeknya sama seperti di saat sedang berolahraga. Selain itu, kandungan air belerang juga akan melancarkan sistem sirkulasi oksigen yang tidak hanya bermanfaat menjaga hati Anda, tetapi juga merawat organ vital dan jaringan tubuh agar tetap sehat dan kuat!

2. Mengurangi stress dan mengatasi insomnia

Cara ampuh mengatasi insomnia ternyata tidak harus selalu datang dari sebuah pil tidur lho, coba saja Anda berendam di air panas yang mengandung belerang atau sulfur! Sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Aquatic Research and Education, mengatakan bahwa kandungan mineral dalam air sulfur ini, dapat membantu suasana hati Anda merasa senang dengan menawarkan ketenangan disaat panasnya air merelaksasikan otot-otot tubuh.

Selanjutnya, ingin tahu alasan dari manfaat berendam di air panas sulfur dapat membantu Anda tertidur dengan pulas? Nah, menurut sebuah studi yang berjudul Advance in Preventive Medicine, para penelitinya mengatakan bahwa ketika Anda berada di dalam air panas yang mengandung sulfur, suhu tubuh tentunya meningkat dan kemudian mengalami proses cooling down, proses inilah yang membantu tubuh merasa rileks sehingga mudah tertidur!

3. Mengatasi rasa sakit secara alami

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Rheumatology International mengatakan bahwa jika Anda mengalami rasa sakit yang kronis pada otot-otot tubuh, seperti arthritis atau fibromyalgia, maka berendam atau berenang di dalam air panas yang mengandung belerang atau sulfur terbukti efektif membantu menghilangkan rasa ketidaknyamanan pada tubuh dengan merelaksasikan sendi-sendinya

4. Mengatasi Masalah Kulit

Terakhir, manfaat berendam di air panas yang terakhir mengatasi masalah kulit Anda. Ketika kulit kita mengalami kontak langsung dengan air panas sulfur ini, kandungan silica yang terdapat di dalamnya, dapat menghaluskan kulit yang kering dan kasar. Selain itu, pada dasarnya belerang mengandung zat antibacterial dan antiinflamasi yang sangat dibutuhkan untuk kulit dalam mengatasi beragam masalah seperti gatal-gatal yang diakibatkan alergi, debu, gigitan nyamuk atau serangga, jerawat dan flek hitam yang timbul di wajah.

Nah itu dia manfaat berendam di air panas belerang! Namun, berhati-hatilah jika Anda wanita yang sedang hamil atau menderita tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah karena dapat membuat tekanan Anda naik ataupun menurun dengan sangat signifikan. Maka sebaiknya berkonsultasi dahulu pada dokter untuk mengetahui apakah aktivitas ini aman bagi tubuh Anda, ya!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.