Manfaat Berenang Untuk Kesehatan, Apa Saja?

manfaat berenang untuk kesehatan

Go Dok- Manfaat berenang untuk kesehatan – Seperti yang telah Anda ketahui, berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia –tidak peduli pria maupun wanita dari segala rentang usia. Lantas, apa sajakah manfaat berenang bagi kesehatan?

Cari tahu manfaat berenang untuk kesehatan lewat penjelasan di bawah!

1. Menjaga kondisi otot

Manfaat berenang untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menjaga kondisi otot –khususnya dalam meningkatkan massanya. Memang, demi mendapatkan manfaat ini, Anda dapat pula mencoba olahraga aerobik lain. Namun, partikel air yang lebih padat daripada udara membuat berenang lebih efektif dalam meningkatkan massa otot. Mau?

2. Menyehatkan jantung

Ingin memiliki jantung yang sehat? Maka, berenang bisa jadi merupakan jawaban yang Anda cari selama ini. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli dari American Heart Association menyebutkan bahwa rutinitas berenang setiap hari selama minimal 30 menit dapat memacu aktivitas jantung dalam memompa darah 30-40% lebih optimal dari kondisi normal.

3. Meningkatkan kelenturan tubuh

Manfaat berenang untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kelenturan tubuh. Tidak seperti olahraga lainnya yang dapat Anda coba di gym, renang terbukti lebih efektif dalam menjaga fleksibilatas dan kelonggaran sendi serta ligamen –khusunya yang terdapat di area tangan dan kaki.

4. Mengoptimalkan diet

Bingung dengan cara diet yang ampuh? Atau stres karena berat badan tidak kunjung turun? Maka, tidak ada salahnya untuk segera mencoba merutinkan renang di sela-sela kegiatan Anda. Hasil studi menunjukkan bahwa dengan berenang selama 1 jam, Anda setidaknya telah membakar 500-650 kalori.

5. Mengoptimalkan fungsi dan kerja sistem pernapasan

Ini dia manfaat renang yang dapat dimanfaatkan oleh mereka yang menderita gangguan pernapasan. Ya, berenang secara rutin terbukti dapat memperbaiki fungsi dan kerja sistem pernapasan, lho! Alasannya karena –seperti yang dikutip dari studi keluaran Indian Journal of Psychology and Pharmacology- ketika berenang Anda secara tidak langsung telah melatih tubuh dan sistem pernapasannya untuk mengoptimalkan penggunaan oksigen.

6. Membuat tubuh rileks

Jika Anda termasuk pribadi yang mudah stres akibat pekerjaan, maka sudah saatnya untuk mulai kebiasaan berenang –setidaknya 1 kali/minggu. Kenapa? Karena berendam di dalam air terbukti ampuh dalam mendatangkan perasaan tenang; setidaknya, itulah hasil penelitian ahli yang terangkum dalan jurnal Pain Reserach & Management.

7. Meredakan sakit dan nyeri

Selanjutnya, berenang juga bermanfaat untuk meredakan sakit dan nyeri. Berbeda dengan olahraga lari, renang tidak membuat jaringan ikat dalam tubuh Anda menegang. Akibatnya, olahraga ini baik sekali dicoba oleh pasien dengan keluhan sakit punggung, arthritis, dll.

8. Mencerdaskan otak

Manfaat berenang untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk mencerdaskan otak. Terdengar aneh, memang. Tapi, para ahli percaya bahwa tekanan air di rongga dada saat berenang berimbas langsung pada lancarnya peredaran darah ke otak.  Inilah yang ditenggari dapat membuat otak Anda lebih cerdas.

Itu tadi 8 manfaat berenang untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.