Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Anda

Manfaat bawang putih

GoDok- Manfaat bawang putih- Bawang putih, siapa yang tek kenal bumbu dapur yang satu ini? Dari Sabang sampai Merauke, rakyat Indonesia biasanya menganggap bawang putih sebagai barang yang wajib ada di dapur. Namun, tahukah Anda bahwa selain sebagai penyedap makanan ternyata bawang putih memiliki manfaat yang luar bbiasa untuk kesehatan? Kandungan magnesium, mangan, kalsium, fosfor hingga kalium yang dimilikinya seringkali menjadikan bawang putih sebagai antobiotik yang manjur.

Apa saja manfaat bawang putih tersebut? Yuk, lihat daftar lengkapnya berikut ini!

1. Menyembuhkan batuk dan flu

Banyak yang tidak tahu bahwa sejatinya bawang putih seringkali diramu menjadi pengobat flu dan batuk yang ampuh. Berdasarkan hasil suatu penelitian, mengonsumsi bawang putih dapat mencegah risiko terjadinya flu hingga 63%. Tak hanya itu, dosis tinggi ekstrak bawang putih juga ternyata mampu mempercepat proses pemulihan Anda dari flu dan batuk. Lebih lanjut, manfaat bawang putih untuk batuk juga bisa Anda dapatkan lewat mengonsumsinya dalam bentuk kaldu dan sup yang dibubuhi 2-3 siung putih. Tidak sulit, bukan?

2. Mencegah kanker

Manfaat bawang putih yang selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko terjadinya kanker. Beberapa studi terbaru menunjukkan bahwa jika dikonsumsi rutin setiap harinya, bawang putih dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap sel kanker. Sejalan dengan fakta tersebut, National Cancer Insitute dari Amerika Serikat juga menyatakan bahwa bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif yang berguna dalam mencegah pembentukan sel-sel kanker sekaligus melindungi tubuh darinya. Hebat, bukan?

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Pasalnya, kandungan polisulfida di dalamnya akan membantu pembuluh-pembuluh darah Anda menjadi lebih “longgar” supaya tekanan yang didapatnya tak terlalu besar. Karenanya, jika Anda rutin mengonsumsi bawang putih mentah selama 3 bulan, tekanan darah bisa saja turun hingga 10mmHg. Layak dicoba? Tentu saja!

4. Mengatasi kerontokan rambut

Siapa yang menyangka bawang putih dapat pula merawat kesuburan rambut Anda? Manfaat bawang putih yang satu ini bisa berguna untuk Anda yang menderita Alopecia, alias kebotakan dini. Pasalnya, bawang putih mampu memicu pertumbuhan rambut di kulit kepala dan memperkuat jaringannya.

5. Mendetoksifikasi racun tubuh

Salah satu kandungan bawang putih, Allicin, dikatakan memiliki kemampuan detoksiikasi yang cukup kuat, sehingga dapat mengeluarkan racun polusi yang Anda peroleh sehari-hari. Bahkan, beberapa pakar menyatakan bahwa bawang putih bisa dijadikan bahan pertolongan pertama pada pasien keracunan merkuri dan arsenik. Tak diragukan lagi, lho!

6. Merawat kulit

Di berbagai belahan dunia, terapi dengan minyak bawang putih dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit Anda dan memperbaiki luka yang telah ada akibat infeksi, jerawat, bisul, bahkan jamur. Rahasianya ada pada kandungan ajoene dan Allicin pada minyak bawang putih yang efektif dalam melawan jamur, bakteri, dan kerusakan jaringan kulit.

7. Meredakan migrain

Tahukah Anda bahwa bawang putih dapat pula mengobati migrain? Manfaat bawang putih yang satu ini didukung oleh kemampuannya dalam memperbaiki dan memperlancar aliran darah, khususnya yang menuju ke otak Anda. Hal ini menjadikan bawang putih baik dalam mengatasi keluhan ringan saraf otak yang kerpa memicu vertigo dan migrain.

8. Mencegah datangnya penyakit otak

Manfaat bawang putih yang terakhir adalah untuk mencegah dan mengatasi datangnya Alzheimer dan Dementia yang kerap dialami lansia. Hasil penelitian dalam Journal of Neurochemistry memperkuat hal ini dengan menyatakan bahwa kandungan S-allyl-L-cystiene dalam bawang putih mampu mencegah terjadinya kerusakan kognitif pada otak Anda serta penumpukan zat berbahaya dalam sistem saraf pusat.

Nah, itu dia 8 manfaat bawang putih yang wajib Anda ketahui. Memang, bawang putih aman untuk dikonsumsi, namun bagi penderita maag atau tukak lambung, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukannya, ya!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.