Manfaat Bawang Merah; Nomor 10 Mengejutkan!

manfaat bawang merah

GoDok- Manfaat bawang merah- Bawang merah; siapa yang tidak mengenal umbi lapis yang satu ini? Umumnya dikenal sebagai bumbu dapur semata, bawang merah ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat bawang merah? Simak penjelasan lengkap berikut ini!

1. Membakar lemak

Manfaat bawang merah yang pertama adalah untuk membakar lemak berlebih pada tubuh. Nah, khusus bagi Anda yang sedang menjalani program diet, perlu diketahui bahwa dalam bawang merah terkandung senyawa kromium dalam jumlah yang cukup besar. Senyawa inilah yang terbukti secara medis dapat memacu pembakaran lemak. Jadi, jangan ragu lagi untuk selalu menyisipkan bawang merah dalam sajian pangan diet Anda, ya!

2. Menurunkan risiko terkena kanker

Selanjutnya, kebiasaan mengonsumsi bawang merah juga terbukti dapat menjauhkan Anda dari penyakit kanker. Ya, hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa dalam umbi lapis ini terkandung sulfur -senyawa yang berkhasiat untuk melindungi tubuh Anda dari paparan radikal bebas pemicu beragam jenis kanker, semisal kanker prostat, usus, lambung, dll.

3. Menyembuhkan radang tenggorokan

Sering terganggu oleh radang tenggorokan yang menyakitkan? Maka, bawang merah bisa jadi obat alami yang Anda cari selama ini. Cara penggunaannya pun tergolong mudah, lho! Anda cukup mengoncumsi 1-2 siung bawang merah secara langsung di pagi hari. Bagaimana, tertarik mencoba?

4. Mengontrol diabetes

Jarang yang mengetahui bahwa bawang merah juga baik untuk mengontrol diabetes. Ya, studi terakhir mengungkapkan bahwa senyawa yang terkandung di dalam bawang merah terbukti dapat menstabilkan kadar insulin dalam tubuh.

5. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat bawang merah yang selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Nyatanya, nutrisi dan vitamin yang ada di dalam bawang merah dapat melindungi kesehatan jantung -dan organ vital lainnya, semisal paru-paru dan hati- dari paparan virus dan bakteri penyebab penyakit.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Bermasalah dengan sistem pencernaan? Maka, sudah waktunya bagi Anda untuk mencoba khasiat bawang merah. Ya, banyak hasil studi yang mengungkapkan bahwa senyawa dalam bawang merah terbukti dapat merangsang sekresi racun dan zat buangan lainnya dari sistem pencernaan. Hasilnya, Anda akan terhindar dari beragam keluhan, seperti begah ataupun sembelit.

7. Meredakan perdarahan

Mungkin Anda pernah mendengar pernyataan bahwa bawang merah dapat digunakan sebagai obat mimisan. Eits, ternyata hal ini bukan sekedar isapan jempol semata, lho! Faktanya, cukup dengan menghirup aroma bawang merah, mimisan Anda dapat reda dengan segera. Hebat, bukan?

8. Mengobati masuk angin

Manfaat bawang merah yang lainnya adalah untuk mengobati masuk angin pada anak. Caranya, belah bawang merah menjadi dua bagian, lalu gosokkan ke perut dan punggung anak. Niscaya, dalam waktu singkat anak akan kembali sehat seperti sedia kala.

9. Menjaga kesehatan tulang

Tahukah Anda, bahwa bawang merah juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang? Hal ini sejalan dengan hasil studi yang dilakukan pada tahun 2009 lalu. Studi mengungkapkan bahwa konsumsi rutin bawang merah setiap hari terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang, terutama pada wanita yang sudah mengalami menopause.

10. Menyamarkan noda hitam pada wajah

Manfaat bawang merah yang terakhir adalah untuk menyamarkan noda hitam pada wajah akibat jerawat atau hiperpigmentasi. Caranya, haluskan 1-2 siung bawang merah, lalu campurkan dengan yoghurt. Aduk hingga rata, lalu oleskan ke wajah. Diamkan dulu selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih, ya!

Itu tadi 10 manfaat bawang merah yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.