Manfaat Anggur Merah Untuk Kesehatan Anda

manfaat anggur merah

Go Dok- Manfaat anggur merah- Siapa sih yang tak kenal anggur merah? Buah yang berwarna gelap nan eksotis ini ternyata tak hanya terkenal lantaran menjadi inspirasi sebuah lagu dangdut ternama, melainkan juga karena kegunaannya yang beragam. Mulai dari penyedap kue, fermentasi memabukkan, hingga mengatasi beberapa masalah kesehatan. Ya, Anda tak salah dengar, buah anggur merah memang memiliki segudang manfaat kesehatan yang tak diketahui banyak orang. Apa sajakah manfaat anggur merah untuk kesehatan Anda?

 Yuk, simak daftar lengkap manfaat anggur merah berikut ini!

1. Mengatasi insomnia

Anda sulit terlelap? Konsumsilah buah anggur merah untuk mengatasinya. Ya, salah satu manfaat anggur merah bagi kesehatan adalah untuk mempermudah Anda terlelap.Hasil sebuah studi di Italia menunjukkan bahwa terdapat zat melatonin di dalam anggur merah yang dapat membuat bagian otak pengatur jam tidur Anda kembali aktif.

2. Mengobati sembelit

Dalam anggur merah mengandung gula, selulosa, dan asam organik yang bersama-sama dapat berfungsi sebagai obat pencahar. Nah, hal itulah yang menjadikan anggur merah bagus dalam mengatasi sembelit.

3. Mencegah terjadinya stroke

Biji anggur merah mengandung zat endungeoned pycnogenol yang adalah penguat kolagen, berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah. Pada lansia, pembuluh darah yang rapuh sering menyebabkan terjadinya penyumbatan sehingga aliran darah menjadi kurang lancar dan menyebabkan stroke. Hal inilah yang kemudian dicegah kejadiannya oleh si biji anggur merah.

4. Melindungi mata dari penyakit katarak

Manfaat anggur merah selanjutnya untuk melindungi diri dari penyakit katarak. Salah satu penyebab umum rusaknya mata dan terjadinya katarak adalah pengaruh radikal bebas yang setiap harinya terdapat di lingkungan sekitar Anda. Nah, mengonsumsi anggur merah dapat mencegah terjadinya hal tersebut karena buah ini mengandung flavonoid yang efektif dalam menangkal radikal bebas.

5. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung

Anggur merah mengandung fenol yang berperan sebagai antioksidan kuat yang dapat melindungi jantung Anda. Tak hanya itu, penelitian di Jepang dan Amerika Serikat juga menyimpulkan bahwa kandungan restevarol pada anggur merah efektif dalam mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah jantung Anda. Hebat, bukan?

6. Mencegah osteoporosis

Bagi Anda yang masih berusia muda ataupun telah lanjut usia, tetaplah mewaspadai osteoporosis. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan mengonsumsi anggur merah. Pasalnya, kandungan boron pada buah ini dapat berperan sebagai penguat gigi dan tulang Anda.

7. Menurunkan risiko kanker

Selanjutnya, manfaat anggur merah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Sebab, beberapa kandungan dalam anggur merah, seperti acustimissin, petrostilbene, asam elagik, dan restevarol diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam tubuh Anda. Tak hanya itu, anggur merah juga mengandung antioksidan tinggi yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

8. Mengontrol kolesterol dalam darah

Manfaat anggur merah untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk mengontrol kadar kolsterol dalam darah Anda. Pasalnya, senyawa pterostilbene dalam buah anggur dapat menurunkan kadar kolesterol, sementara kandungan saponin dalam kulit anggur dapat menyerap kolesterol jahat di dalam aliran darah Anda.

Nah, itu dia 8 manfaat anggur merah untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.