Ini Dia Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur
Tahukah Anda, bahwa terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur? Berikut Go Dok paparkan 7 makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

GoDok – Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur – Bagi umat Islam, bulan Ramadhan sudah barang tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Selain karena berkahnya yang melimpah ruah, bulan Ramadhan yang identik dengan ibadah puasa juga ditunggu karena momen sahur dan puasa yang sayang kalau dilewatkan. Namun, tahukah Anda, bahwa terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur? Berikut Go Dok paparkan 7 makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

1. Makanan pedas

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur yang pertama adalah makanan yang bercita rasa pedas. Alasannya tidak lain karena makanan pedas ditakutkan dapat memicu gangguan pencernaan, seperti diare. Jika hal ini sampai terjadi, Anda berisiko besar kehilangan banyak cairan tubuh sebab sering buang air besar. Mengingat fakta bahwa selama puasa Anda dilarang untuk minum ataupun makan, maka tubuh akan kehilangan cairan secara signifikan. Jika dibiarkan, hal ini akan berbuntut pada tubuh yang mengalami kondisi dehidrasi.

2. Makanan asin

Tahukah Anda, bahwa mengonsumsi makanan asin secara berlebihan saat sahur akan membuat Anda lebih mudah merasakan haus? Ya, alasannya tidak lain karena konsumsi berlebih makanan yang tinggi kandungan garamnya terbukti dapat meningkatkan kadar natrium di dalam tubuh. Inilah yang membuat makanan ini menjadi makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur agar tidak mudah terasa lapar saat menjalani puasa.

(Baca: Puasa Lancar dengan Menu Sahur Penuh Gizi dan Nutrisi)

3. Makanan berlemak tinggi

Makanan dengan kandungan lemak tinggi -seperti jeroan, rendang, makanan bersantan, dll- memang umum disajikan saat sahur. Namun, jarang yang menyadari bahwa makanan jenis ini merupakan makanan yang sebainya dihindari saat sahur karena justru akan membuat tubuh terasa lebih lemas dan lemah saat menjalani puasa.

Perlu diketahui bahwa lemak merupakan senyawa yang agak sukar dicerna oleh tubuh. Karenanya, Anda harus mengeluarkan energi lebih banyak untuk mencernanya hingga sempurna. Inilah alasannya mengapa tubuh akan terasa lebih lemah dibanding biasanya.

4. Gorengan

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur selanjutnya adalah gorengan. Seperti yang telah Anda ketahui, gorengan diproses dengan cara deep frying -yaitu memasukkan adonan ke dalam minyak goreng. Nah, inilah yang membuat konsumsi gorengan saat sahur membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Alhasil, Anda akan merasa malas untuk menyantap hidangan lain yang mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Kopi

Selain karena sifat laksatif yang akan memicu Anda sering buang air besar, konsumsi kopi saat sahur juga akan merangsang produksi asam lambung berlebih. Inilah yang dikhawatirkan akan membuat maag Anda kambuh saat menjalankan ibadah puasa.

(Baca: Gorengan, Si Nikmat Sumber Penyakit)

6. Makanan cepat saji

Berniat mengisi waktu sahur dengan konsumsi makanan cepat saji, seperti pizza atau burger? Lebih baik pikirkan ulang, deh! Sebab makanan cepat saji merupakan makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur. Mengapa? Karena, meskipun tinggi akan kandungan karbohidrat, garam, gula, dan lemaknya; makanan cepat saji justru minim akan gizi dan nutrisi lainnya. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh; sebab, untuk menyelesaikan puasa satu hari, tubuh Anda harus dipersiapkan terlebih dahulu dengan asupan makanan yang seimbang kandungan gizinya.

7. Makanan berkarbohidrat sederhana

Terakhir, makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur adalah makanan yang mengandung senyawa karbohidrat sederhana. Apa saja makanan yang termasuk pada golongan ini? Selain mi, Anda juga disarankan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah atau gandum utuh.

Alasannya? Ini tidak terlepas dari fakta bahwa nasi merah dan gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks. Jadi, Anda akan merasa kenyang lebih lama saat menjalani puasa.

(Baca: Junk Food; Enak Sih, Tapi Nilai Gizinya Itu, Lho!)

Itu tadi 7 makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur. Semoga bermanfaat!