Makanan yang Baik dikonsumsi oleh Penderita Cacar Air

makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air
Cara-cara alami yang dapat Anda lakukan guna mengurangi gejala cacar air, salah satunya adalah mengontrol pola dan pilihan makanan. Penasaran makanan apa saja yang baik dikonsumsi selama Anda menderita penyakit ini?

GoDok– Makanan yang Baik dikonsumsi oleh Penderita Cacar Air Cacar air merupakan salah satu penyakit umum yang kerap membuat Anda merasa risih. Pasalnya, bintik-bintik merah di seluruh permukaan akan menghasilkan rasa gatal yang tak tertahankan. Tak hanya itu, demam juga akan menyerang dan karena penyakit ini menular, Anda tak akan diizinkan keluar rumah. Bagi anak-anak, yang merupakan korban utama penyakit ini, tidak boleh keluar rumah dan bermain pastinya adalah permasalahan tersendiri, bukan?

Nah, untuk meminimalisir gejala-gejalanya, beberapa orang tentu memilih untuk menelan obat secara teratur. Namun, di samping itu, ternyata ada pula cara-cara alami yang dapat Anda lakukan guna mengurangi gejala cacar air, salah satunya adalah mengontrol pola dan pilihan makanan. Penasaran apa saja makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air? Ini dia daftarnya :

Makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air

1. Buah-buahan

Perlu Anda ketahui, bahwa cacar air disebabkan oleh salah satu virus herpes, yang bernama Varicella zoster. Untuk melawan virus ini, tentunya diperlukan pasokan vitamin dan nutrisi yang tepat. Beberapa buah-buahan, terutama yang mengandung kadar vitamin C cukup tinggi, memang dikatakan baik bagi penderita cacar air. Selain itu, buah-buahan yang dimaksud juga mengandung efek anti-histamin guna mengurangi reaksi histamin -gejala alergi. Itulah mengapa alasan buah-buahan menjadi makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air.  Berikut adalah beberapa buah-buahan yang direkomendasikan untuk penderita cacar air :

Pepaya

– Stroberi

– Kiwi

Apel

Mangga

Alpukat

– Semangka

– Pir, dan

– Nanas

(Baca: 8 Jenis Bahan Pangan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Tifus)

2. Sayur mayur

Tak hanya buah-buahan, sayur juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air karena kandungan vitamin C dan daya anti-histamin tinggi juga diperlukan untuk mengurangi gejala cacar air. Terdapat beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan hal-hal tersebut. Sayuran seperti bayam, bawang, dan seledri air baik digunakan sebagai pelengkap makanan penderita cacar air, karena memiliki efek anti-histamin yang bagus. Sementara paprika dan brokoli juga bagus dikonsumsi karena mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu, ada juga kubis, yang mengandung keduanya, lengkap bukan? Sebagai tambahan, Anda dapat pula menambahkan wortel, bawang putih, jahe, dan kacang mete.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

3. Air dan minuman

Selain makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air, ternyata ada pula minuman yang bisa Anda coba guna mengurangi gejala cacar air. Justru, hal ini penting karena biasanya cacar air datang ditemani dengan demam tinggi. Karenanya, penting bagi penderitanya untuk tetap mendapat asupan cairan yang cukup, sehingga meminum banyak air merupakan suatu keharusan. Namun, tak jarang saat terkena cacar air, nafsu makan Anda berkurang. Untuk membantu mengembalikannya, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis teh herbal, seperti chamomile tea, kemangi, dan kayu manis atau air kelapa muda.

(Baca: Mengenal Jenis Teh dan Khasiatnya)

4. Dadih dan nasi

Untuk mengatasi berkurangnya nafsu makan, penderita cacar air bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Nasi dan roti polos merupakan salah dua dari makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air. Tak hanya itu, Anda bisa pula mengonsumsi dadih -susu sapi murni yang telah difermentasi- dengan alasan ini. Tak hanya itu, dadih yang banyak berbentuk tahu ini juga bagus untuk mengobati bekas cacar pada kulit dengan perlahan. Hebat, bukan?

(Baca: Enggan Makan Yoghurt? Kenali Dulu 5 Manfaatnya!)

Nah, selain beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air tersebut, ada pula makanan-makanan pantangan bagi Anda penderita cacar, seperti :

  1. Makanan pedas
  2. Makanan asin
  3. Makanan bervetsin (mengandung MSG)
  4. Makanan berlemak (kaya lemak jenuh)
  5. Daging merah

(Baca: Bahaya di Balik Nikmatnya Semangkuk Bakso)

Sebaiknya jika menderita cacar air sebiaknya konsumsi makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita cacar air seperti yang telah dijelaskan di atas dan hindari makanan pantangannya. Semoga bermanfaat!