Makanan Untuk Hamil Muda, Apa Saja? Cari Tahu di Sini!

makanan untuk hamil muda

GoDok- Makanan untuk hamil muda- Bagi wanita, masa kehamilan sudah pasti akan menjadi momen tersendiri yang diingatnya hingga akhir hayat. Namun, bagi ibu muda yang baru menjalaninya, masa kehamilan biasanya dipenuhi dengan kecanggungan dan ketidaktahuan; apalagi yang bersangkutan dengan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Nah, kali ini Go Dok hadir dengan pembahasan mengenai makanan untuk hamil muda. Apa saja?

Simak daftar makanan untuk hamil muda  lengkapnya di bawah!

1. Sumber asam folat

Makanan untuk hamil muda yang pertama adalah jenis yang tinggi akan kandungan asam folatnya, semisal alpukat, jambu biji, strawberry, sawi, brokoli, kentang, dll. Kenapa? Karena makanan tadi terbukti dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat atau prematur.

2. Kacang-kacangan

Bunda, selama menjalani kehamilan di trimester pertama, Anda dianjurkan untuk rajin mengonsumsi kacang-kacangan –semisal almond, kacang merah, atau kacang hijau. Ya, selain mengandung asam folat, bahan pangan jenis ini juga terbukti kaya akan vitamin B. Nah, kombinasi keduanyalah yang dipercaya para ahli bermanfaat untuk merangsang perkembangan sistem saraf bayi sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh ibu. Mau?

3. Protein

Bunda, ingin janin tumbuh dengan sehat dan pesat? Maka, perbanyaklah konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan proteinnya. Tidak usah bingung dengan pilihan menunya! Anda cukup me-mix and match hidangan yang terbuat dari telur, ikan salmon, daging sapi rendah lemak, serta olahan kedelai –semisal tahu dan tempe. Mudah, bukan?

4. Sumber zat besi

Makanan untuk hamil muda yang selanjutnya adalah jenis yang banyak mengandung zat besi, semisal beras merah, daging unggas, seafood, serta daging sapi. Mengapa? Sebab, di trimester pertama ibu hamil biasanya mengeluhkan gejala anemia, seperti pusing serta tubuh yang sering terasa lemah & lesu.

5. Sumber vitamin C

Bunda, perlu diingat bahwa selama menjalani masa kehamilan, Anda bertanggung  jawab untuk menjaga kesehatan diri dan janin. Nah, dari sakian banyak ancaman yang harus dihindari, infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit merupakan momok yang menjadi kekhawatiran sendiri. Karenanya, untuk menghindari hal tersebut, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Faktanya, sayuran dan buah-buahan merupakan dua jenis bahan pangan yang terbukti secara medis kaya akan serat, mineral, serta berbagai jenis vitamin –khususnya vitamin C.

6. Susu

Selain baik dikonsumsi karena dapat meredakan mual pada trimester pertama, susu juga memiliki khasiat lain. Sebut saja untuk mempertahankan kepadatan tulang ibu hamil, merangsang perkembangan janin, hingga menurunkan risiko janin lahir dengan tinggi dan berat badan yang rendah. Hebat, bukan?

7. Air kelapa muda

Makanan untuk hamil muda yang terakhir adalah air kelapa muda. Terdengar asing, bukan? Padahal, konsumsi air kelapa muda terbukti dapat mencegah dehidrasi, meningkatkan level energi ibu hamil, mencegah infeksi saluran kemih, hingga meredakan kram dan nyeri perut.

Itu tadi 7 makanan untuk hamil muda yang baik dikonsumsi oleh para calon ibu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Dapatkan tips-tips kesehatan lainnya dari Tim dokter, langsung dari Smartphone. Yuk, Download aplikasi Go Dok.