Makanan Saat Cuaca Panas; Rasakan Kesegarannya!

Makanan saat cuaca panas

GoDok- Makanan saat cuaca panas- Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat negara ini kaya akan sinar matahari. Meski musim hujan telah tiba, cuaca masih sering terasa panas. Tubuh pun terpaksa mengeluarkan lebih banyak keringat sehingga tubuh kehilangan banyak cairan. Biasanya, Anda akan mengganti cairan tersebut dengan meminum air putih. Bukan begitu? Padahal, sebenarnya  ada  cara lain untuk membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dengan cara yang menyenangkan selain meminum air putih,lho. Lalu, apa saja makanan yang cocok untuk dikonsumsi di cuaca yang panas?

Simak paparan makanan saat cuaca panas dari Go Dok yang dapat membuat Anda tetap segar berikut ini!

1. Buah Belimbing

Makanan saat cuaca panas pertama adalah buah belimbing. Di Indonesia buah belimbing dapat dinikmati dengan mudah. Selain, membuat segar pada musim panas, buah ini ternyata mengandung banyak antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk menangkal radikal bebas pada oksigen yang bisa menyebabkan kanker, penyakit jantung, kerusakan sistem imun hingga otak. Namun, orang-orang dengan penyakit ginjal harus berhati-hati karena mengandung asam yang kuat.

2. Makanan Pedas

Tidak heran kenapa makanan Indonesia banyak yang menggunakan bahan rempah-rempah yang menambah rasa pedas. Ternyata makanan pedas cocok untuk dimakan di cuaca yang panas! Kok bisa?

Anda tentu sering mengira bahwa udara panas harus dilawan dengan minuman dingin atau es krim bukan? Hal tersebut justru keliru. Memakan makanan yang pedas justru meningkatkan temperatur tubuh hingga menyesuaikan dengan temperatur luar. Sirkulasi darah akan meningkat, dan Anda akan semakin berkeringat. Ketika kelembapan tubuh sudah terevaporasi, tubuh akan mendingin. Dengan demikian Anda merasa semakin segar.

3. Stroberi

Selanjutnya, makanan saat cuaca panas yang bisa Anda coba adalah stroberi. Rasa dari buah ini memang asam, tetapi ternyata buah kecil ini mengandung 91%. Jika Anda bosan dengan rasa air mineral yang tawar, Anda bisa memakan buah ini. Selain stroberi, raspberi dan blueberry juga mengandung 85% air.

4. Mentimun

Kandungan air dalam sayuran mentimun sangatlah tinggi, yaitu sekitar 96,7%. Anda dapat menyajikan makanan ini di dalam salad, ataupun disajikan polos dalam bentuk potongan.

5. Paprika Hijau

Sayuran hijau ini memiliki kandungan air hingga 93,9%. Di dalamnya juga terdapat antioksidan bagi tubuh. Selain itu, sayuran ini juga menjadi cara lain dalam meningkatkan fungsi gastrointestinal.

6. Semangka

Buah semangka memang identik dengan musim panas, tak heran jika buah ini cocok dijadikan sebagai makanan saat cuaca panas.  Kandungan airnya yang tinggi, yaitu 91,5% membuat orang yang memakannya menjadi merasa segar. Di dalam semangka juga terdapat lycopene, yaitu antioksidan yang dapat memerangi kanker. Bahkan, kandungan lycopene di dalam semangka lebih banyak dibandingkan di dalam tomat mentah. Rasanya yang manis pun membuat Anda ketagihan dan terhidrasi secara tidak langsung!

Itu tadi makanan saat cuaca panas yang dapat menjadi pilihan alternatif sebagai asupan cairan tubuh dikala cuaca sedang panas-panasnya. Anda bahkan boleh mencampurkan makanan tadi ke dalam makanan kesukaan Anda. Namun, jangan lupa pastikan kandungan lainnya aman, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kulit wajah? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips dan penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.