Makanan Pereda Stres; Coba dan Rasakan Manfaatnya!

Makanan pereda stres

GoDok- Makanan pereda stres- Sedang merasa stres dan tertekan akibat beban pekerjaan? Jangan dibiarkan berlanjut-lanjut! Karena selain dapat memengaruhi kesehatan mental, kondisi ini juga terbukti berdampak buruk bagi kesehatan.

Yuk, redakan stres dengan mengonsumsi 10 makanan pereda stres berikut ini!

1. Dark chocolate

Makanan pereda stres yang pertama adalah dark chocolate atau coklat murni. Ya, tentunya Anda sudah sangat familiar dengan poin ini, karena sejak dulu dark chocolate dipercaya dapat menciptakan perasaan nyaman dan rileks. Selain itu, coklat jenis ini juga terbukti efektif untuk meningkatkan gairah seks, lho! Jadi, sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui, bukan?

2. Ikan

Selanjutnya, stres juga bisa diminimalisir dengan konsumsi beberapa jenis ikan yang kaya akan omega-3, seperti tuna, sarden, salmon, atau ikan kembung. Hmmm, terdengar lezat!

3. Susu & yoghurt

Mungkin Anda sering mendapat anjuran untuk minum susu hangat setiap kali merasa tertekan, stres, dan depresi. Eits, hal ini bukan sekedar isapan jempol belaka, lho! Karena nyatanya, dalam susu terkandung senyawa triptofan yang dapat merangsang produksi hormon serotonin -alias hormon penenang dan pelepas stres.

Enggan mengonsumsi susu, tapi ingin stres segera hilang? Maka, cobalah produk olahan susu lainnya, semisal yoghurt. Selain sama berkhasiatnya, yoghurt juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk melancarkan pencernaan Anda.

4. Teh hitam & hijau

Jarang yang mengetahui bahwa stres juga dapat diredakan dengan minum teh hijau atau hitam. Sssst, selain memberikan efek tenang, 2 jenis teh ini juga dipercaya dapat merangsang pembakaran lemak berlebih dalam tubuh. Mau?

5. Brokoli

Makanan pereda stres yang selanjutnya adalah brokoli. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa dalam brokoli terkandung 2 senyawa penting, yaitu asam folat dan vitamin B. Nah, kombinasi keduanyalah yang terbukti ampuh untuk mengembalikan ketenangan pikiran Anda.

6. Oatmeal

Mungkin, selama ini Anda hanya mengetahui manfaat oatmeal untuk menurunkan berat badan saja. Padahal, bahan alami ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan penat dan stres berlebih, lho! Karenanya, jangan ragu lagi untuk membiasakan diri sarapan dengan oatmeal, ya!

7. Berry

Makanan pereda stres yang lainnya adalah berry (blackberry, strawberry, cranberry, dll). Ya, selain kaya akan vitamin C, buah jenis ini juga terbukti banyak mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan mental Anda.

8. Alpukat

Keri Gans -seorang ahli gizi sekaligus penulis buku The Small Change Diet– mengungkapkan bahwa kombinasi vitamin B dan lemak tidak jenuh dalam alpukat dijamin dapat meredakan stres Anda dengan segera. Bagaimana, tertarik mencoba?

9. Jeruk

Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh; kandungan vitamin A, B, C, dan antioksidan dalam buah jeruk juga terbukti ampuh untuk meredakan ketegangan otak. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk uring-uringan karena merasa tertekan akibat beban pekerjaan.

10. Pisang

Makanan pereda stres yang terakhir adakah pisang. Lho, kok bisa? Karena dalam buah kuning yang satu ini terkandung senyawa potasium. Sssst, potasium baik untuk kesehatan mental Anda, lho!

Itu tadi 10 makanan pereda stres yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kulit wajah? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips dan penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.