Makanan Penyebab Perut Buncit; Segera Hindari!

makanan penyebab perut buncit

Go Dok- Makanan penyebab perut buncit- Perut buncit seringkali menimbulkan ketidaknyamanan saat berpakaian, baik secara estetika penampilan ataupun soal ukuran. Perut buncit juga kerap kali membuat Anda harus membeli celana baru karena sudah tidak muat lagi untuk dikancing. Padahal, Anda merasa sudah menjalankan olahraga demi mengurangi perut yang membuncit. Anda pun menjadi kurang percaya diri dalam berpakaian dan mulai kehabisan akal untuk menutupinya. Psst, bisa jadi, makanan yang Anda konsumsi menjadi penyebab perut buncit tersebut!

Simak makanan penyebab perut buncit berikut ini!

1. Kentang Goreng

Makanan penyebab perut buncit yang pertama adalah kentang ggoreng. Jika Anda penggemar kentang goreng dari restoran cepat saji Sebaiknya Anda harus segera mengurangi konsumsi makanan ini! Kentang goreng diketahui memiliki dampak buruk. Kandungan karbohidratnya yang tinggi akan diperparah oleh kandungan minyaknya yang berlebihan yang akan mengakibatkan penimbunan lemak pada perut dan membuat perut buncit.

2. Gandum atau Karbohidrat Padat

Karbohidrat memang baik bagi tubuh, namun ternyata kandungan karbohidrat yang disajikan dalam makanan bentuk padat, seperti pizza, pasta, nasi putih, roti putih ataupun roti gandum. Makanan dengan karbo padat memiliki porsi yang banyak dari seluruh berat makanan itu sendiri. Misalkan, kentang kecil memang memiliki berat 170 gram, namun kandungan karbohidratnya hanya sebanyak 23 persen dari total beratnya. Sementara itu, sisa kandungannya adalah air.

3. Susu

Mengapa susu menjadi makanan penyebab perut buncit? Karena Bahan dalam susu mengandung banyak laktosa. Laktosa sendiri akan diolah dalam tubuh oleh enzim yang bernama lactase. Sementara itu, ketika seseorang bertambah usia, kandungan enzim lactase tersebut akan semakin menurun, yang menyebabkan makanan dengan kandungan susu dapat menumpuk di bagian bawah perut.

4. Fruktosa yang Berlebihan

Berdasarkan hasil penelitian tahun 2008 yang dilakukan oleh Journal of Clinical Gastroenterology menemukan bahwa makanan dengan kandungan fruktosa yang tinggi dapat menghasilkan banyak gas di dalam perut yang bisa menyebabkan penggembungan, bahkan diare.

5. Lemak

Kandungan yang satu ini terkenal dengan dampak buruknya bagi kesehatan. Kandungan lemak. Lemak ini biasa ditemukan pada makanan seperti daging. Bila Anda penggemar steak, pastikan daging Anda bebas lemak, dan hindari memesan daging seperti Rib-Eye, T-Bone, dan New York Strip, karena bagian tersebut mengandung banyak lemak yang bisa membuat perut Anda buncit.

6. Soda Diet

Tidak hanya makanan, ternyata minuman pun juga dapat menyebabkan perut buncit. Anda salah mengira jika Anda bisa menghindari perut buncit dengan soda diet! Penelitian yang baru-baru ini dilakukan, soda diet justru membuat perut Anda semakin membesar. Mengapa demikian? Karena soda diet justru membuat Anda mengonsumsi dalam jumlah banyak. Anda merasa aman dengan asumsi ‘diet’ tersebut.

7. Alkohol

Makanan penyebab perut buncit yang terakhir adalah alkohol. Anda juga harus mulai berhenti mengonsumsi minuman dengan kandungan alkohol bila ingin mendapatkan perut yang rata. Kandungan di dalam minuman atau makanan beralkohol dapat meningkatkan hormon stress yang mengurangi kinerja tubuh untuk membakar lemak.

Selagi belum terlambat, Anda bisa menghindari makanan penyebab perut buncit dengan kandungan di atas secara berlebihan. Anda tentu tidak ingin membuat olahraga Anda sia-sia bukan?

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.