Macam-Macam Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

Gejala dan Penyebab Batu Ginjal
Batu ginjal biasanya tidak menyebabkan timbulnya gejala apapun hingga akhirnya bergerak di dalam ginjal Anda atau melewati saluran kencing Anda.

GoDok -Gejala dan Penyebab Batu Ginjal- Mengalami kondisi batu ginjal seringkali menjadi masalah pelik bagi Anda. Bagaimana tidak? Batu bentukan berbagai mineral yang mengendap di ginjal ini akan menimbulkan rasa sakit yang hebat ketika Anda buang air. Tentunya, hal ini sangat tidak nyaman jika berlangsung setiap hari, bukan?

Namun, terkadang beberapa orang tidak sadar bahwa mereka mengalami batu ginjal. Hal ini wajar, sebab gejala baru akan muncul ketika batu ginjal mulai bergerak dan mengiritasi. Setelah gejalanya muncul pun, masih banyak yang menganggapnya angin lalu, karena kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini. Karena itu, ada baiknya Anda mengenal macam-macam gejala dan penyebab batu ginjal berikut ini!

Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

Apa itu batu ginjal?

Sebelum membahas mengenai gejala dan penyebab batu ginjal sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu mengenai batu ginjal itu sendiri. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut juga Nefrolitiasis, dan bisa terasa sangat sakit pada beberapa penderitanya. Penyebab terbentuknya batu ginjal sebenarnya cukup banyak, dan bisa menyerang bagian mana pun dari saluran kemih Anda. Meski begitu, seringkali batu ginjal terbentuk saat urin terkonsentrasi pada satu titik, sehingga mineral di dalamnya menyatu dan mengkristal. Hati-hati! Biasanya, hal ini terjadi karena Anda kurang minum air putih.

Batu ini disebut batu ginjal hanya saat terbentuk di dalam ginjal. Saat terbentuk di saluran dan kandung kemih, batu ini lebih cocok disebut batu saluran kemih (urolithiasis).

Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

Jika terkena, gejala apa yang muncul?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, batu ginjal biasanya tidak menyebabkan timbulnya gejala apapun hingga akhirnya bergerak di dalam ginjal Anda atau melewati saluran kencing Anda. Nah, pada saat itulah mulai timbul gejala, yang antara lain berupa :

  • Rasa sakit yang parah di bawah tulang rusuk, pada bagian samping dan belakang
  • Rasa nyeri saat saat buang air kecil
  • Urin berwarna merah muda, merah, atau cokelat
  • Urin memiliki bau berbeda, atau berbau busuk’
  • Keinginan untuk buang air kecil terus-menerus, namun hanya sedikit urin yang keluar (anyaang-anyangan)
  • Rasa nyeri yang menyebar ke bagian perut, pangkal paha, dan kemaluan
  • Rasa mual dan muntah-muntah
  • Jika terdapat infeksi, akan muncul pula gejala berupa demam dan kedinginan

(Baca: 6 Cara Sederhana Atasi Anyang-Anyangan)

Biasanya, rasa nyeri yang timbul pada bagian bawah rusuk juga akan menyerang bagian lainnya, seiring dengan pergerakan batu ginjal di dalam ginjal dan terus ke saluran kencing Anda. Jika pergerakan terjadi, biasanya intensitas rasa nyeri akan bertambah.

Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

Apa saja faktor risikonya?

Perlu Anda ketahui, bahwa faktor risiko merupakan satu atau beberapa faktor yang meningkatkan risiko Anda dalam terkena penyakit batu ginjal. Nah, berikut ini adalah faktor-faktor tersebut :

1. Dehidrasi

Ini adalah penyebab paling umum dari munculnya penyakit batu ginjal; tidak meminum cukup air setiap harinya. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh juga bisa terjadi pada mereka yang tinggal di daerah beriklim panas dan mereka yang banyak berkeringat.

2. Obesitas

Bila Anda terlalu gemuk, dengan ukuran pinggang yang terlalu lebar dan berat badan berlebih, waspadalah terhadap penyakit betu ginjal. Sebab, kondisi ini memiliki kaitan erat dengan peningkatan risiko terjadinya batu ginjal pada seseorang.

3. Masalah pencernaan

Tahukah Anda bahwa penyakit seperti radang usus dan diare kronis dapat menyebabkan perubahan tertentu pada proses pencernaan? Hal ini akan mempengaruhi proses penyerapan kalsium dan air ke dalam tubuh Anda, sehingga kandungan kalsium berpotensi membentuk batu ginjal meningkat jumlahnya dalam urin Anda.

4. Riwayat pribadi

Jika Anda memiliki iwayat penyakit batu ginjal sebelumnya, ada kemungkinan besar penyakit ini akan datang lagi.

5. Diet tertentu

Jarang yang tahu bahwa pola makan tinggi protein, garam (sodium), dan gula dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit batu ginjal. Seringkali, terlalu banyak garam dala asupan makanan dapat menyebabkan peningkatan kadar kalsium yang harus disaring oleh ginjal. Hal ini, secara signigikan, dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu ginjal.

(Baca: Ini Dia Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar)

Nah, itu dia gejala dan penyebab batu ginjal yang patut Anda ketahui, guna menghindarinya terjadi di kemudian hari. Semoga bermanfaat, ya!