Ini Dia Langkah-Langkah Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

pertolongan pertama pada luka bakar
Pertolongan pertama pada luka bakar sebaiknya disesuaikan dengan tingkatan luka bakar itu sendiri. Yuk, kenali pada penjelasan mengenai langkah-langkah pertolongan pertama pada luka bakar

GoDok – Pernahkah Anda mengalami luka bakar? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya? Banyak orang yang mengalaminya, namun mengabaikan pengobatannya karena banyak yang belum mengetahui bagaimana pertolongan pertamanya. Meskipun sudah kering, luka bakar tetap akan memberikan efek lanjutan permanen, seperti akan meninggalkan bekas dan sebagainya.

Nah, jika Anda mengalami suatu kejadian yang menimbulkan luka bakar pada kulit dan salah dalam menanganinya, luka justru akan menjadi lebih parah dan menimbulkan rasa sakit berlebih. Apalagi jika Anda keliru mengenali tingkatan luka bakar dan salah menanganinya. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui apa saja pertolongan pertama untuk luka bakar berdasarkan tingkat kerusakannya, yaitu :

1. Luka bakar tingkat pertama

Luka bakar pada tingkatan ini termasuk luka bakar ringan dan melukai lapisan kulit luar saja. Ciri-cirinya adalah kulit menjadi merah, bengkak, dan nyeri.

Pertolongan pertama pada luka bakar tingkatan pertama

  • Dinginkan luka bakar tersebut guna mengurangi rasa nyeri. Caranya, siram bagian tubuh yang terkena luka bakardengan air mengalir yang tidak terlalu Lakukan selama 10 – 15 menit sampai rasa nyeri  menghilang. Atau Anda dapat pula merendam tangan dengan air dan mengompresnya dengan handuk yang bersih.
  • Lepaskan aksesorisyang berada di sekitar luka bakar, seperti cincin, gelang, dan sebagainya. Lepas dengan segera sebelum bagian yang terkena luka bakar membengkak.
  • Jangan oleskan mentega, salep, odol gigi, dan sebagainya karena hal-hal tersbeut justru dapat menyebabkan infeksi. Oleskanlah pelembab lidah buaya dan gel lainnya jika memang mampu mengatasi luka bakar tersebut. Akan tetapi, lebih baik, balutlah luka bakar dengan perban tanpa perekat atau kain bersih.
  • Jika diperlukan, konsumsilah obat penghilang rasa nyeri.
  • Temuilah dokter jika luka bakar semakin bengkak, merah, dan nyeri.

(Baca: Cara Alami Hilangkan Stretch Mark)

2. Luka bakar tingkat kedua

Luka bakar ini lebih serius dari luka bakar yang pertama dan terjadi di lapisan kedua kulit luar. Jika lebar luka bakar ini tidak lebih dari 3 inci, maka luka bakar ini masih termasuk luka bakar ringan. Namun, jika luka bakar lebih dari 3 inci dan mengenai seluruh tangan, atau bagian lainnya, maka luka bakar tersebut termasuk luka bakar major.

Ciri-cirinya adalah kulit berwarna merah, putih, atau kulit memiliki bercak, bengkak, nyeri, dan lecet. Bagaimana cara menanganinya? Caranya hampir sama dengan menangani luka bakar tingkat pertama.

Pertolongan pertama luka bakar tingkat kedua

  • Rendamlah tangan dengan air yang mengalir selama 10 – 15 menit. Jangan menggunakan es karena akan menurunkan suhu tubuh dan membuat luka semakin parah.
  • Gunakanlah perban anti-
  • Cegah datangnya syok dengan membaringkan penderitaluka bakar, mengangkat kakinya setinggi 12 inci, dan menutupi luka bakar dengan selimut atau jaket serta mengangkat luka bakar di atas permukaan jantung jika memungkinkan.
  • Hubungi dokter jika luka semakin parah.

(Baca: Masalah Kulit Lansia yang Siap Mengintai Anda)

3. Luka bakar tingkat ketiga

Luka bakar jenis ini berada pada tingkatan yang paling serius dan termasuk major. Ciri-cirinya adalah Anda mengalami kesusahan untuk bernapas, keracunan karbondioksida, dan efek toksik lainnya.

Pertolongan pertama pada luka bakar tingkat ketiga

  • Hubungilah nomor telepon darurat terlebih dahulu.
  • Tutup luka bakar dengan perban, jika daerah yang terbakar luas, tutup dengan kain atau lembaran yang lebih luas yang tidak akan meninggalkan serat pada luka.
  • Periksa pernapasannya.
  • Lepaskan aksesoris, seperti perhiasan, ikat pinggang, dan lainnya dari tubuh.
  • Jangan berikan air dingin ke daerah yang terbakar.
  • Jangan memakai bantal ketika membaringkan orang yang memiliki luka bakar major karena dapat menutupi jalan napas, serta segeralah hubungi dokter.

(Baca: Punya Luka Bekas Operasi Caesar? Ini Dia Solusinya)

Ingatlah, jika Anda memiliki luka yang melepuh, jangan langsung pecahkan lepuhannya dan jangan pula lepaskan baju jika luka bakar menempel pada tubuh. Sebagai gantinya guntinglah baju tersebut. Untuk mengetahui berapa persen luka bakar yang Anda derita, hitunglah dengan menggunakan telapak tangan dengan satu telapak tangan merupakan satu persen.

Nah, setelah mengetahui tingkatan dan masing-masing cara penanganannya, jangan lagi salah dalam mengobati luka bakar, ya! Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!