Lipoma; Alasan Mengapa Timbul Benjolan Lunak pada Permukaan Kulit

Lipoma

Lipoma merupakan benjolan lemak bertekstur lunak yang timbul di antara jaringan kulit dan otot. Penyakit ini dikelompokkan ke dalam tumor jinak ini biasanya muncul di beberapa bagian tubuh, seperti leher, punggung, paha, lengan, dan bahu.

Go Dok- Pernahkah Anda mengalami kondisi di mana timbul benjolan lunak di beberapa bagian tubuh, seperti leher dan punggung? Jika ya, maka segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat karena bisa jadi Anda terkena lipoma. Apa itu lipoma; serta bagaimana cara menanganinya? Simak penjelasan lengkap khas Go Dok berikut ini!

Apa itu lipoma?

Pada dasarnya, lipoma merupakan benjolan lemak bertekstur lunak yang timbul di antara jaringan kulit dan otot. Penyakit ini dikelompokkan ke dalam tumor jinak ini biasanya muncul di beberapa bagian tubuh, seperti leher, punggung, paha, lengan, dan bahu.

Eits, meskipun termasuk golongan tumor jinak, namun lipoma yang tidak mendapatkan penanganan medis yang tepat dapat menyebar ke bagian tubuh lain; serta memicu timbulnya rasa sakit, lho! Jadi, jangan tunda proses pengobatan jika terbukti muncul lipoma di permukaan kulit, ya!

Ternyata, ini yang membuat seseorang rentan terkena lipoma

Usut punya usut, terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit ini. Apa saja faktor yang dimaksud? Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Genetika; hasil studi mengungkapkan bahwa risiko seseorang menderita penyakit ini akan semakin besar jika ia terbukti memiliki anggota keluarga (ibu, ayah, kakek, dll) yang pernah menderita keluhan serupa.
  2. Usia; ternyata, mereka yang berusia 40-60 tahun berisiko lebih besar terkena penyakit ini. Penyebabnya ditenggarai karena dalam rentang usia inilah Anda kerap mengalami perubahan sistem metabolisme serta gaya hidup.
  3. Riwayat penyakit tertentu; faktanya, terdapat beberapa penyakit yang memicu timbulnya penyakit inipada permukaan kulit. Penyakit yang dimaksud meliputi Adiposis Dolorosa, sindrom Cowden, sindrom Gardner, dan penyakit Madelung.
  4. Obesitas; mereka yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) terbukti lebih rentan terkena penyakit ini. Mengapa? Karena obesitas ternyata dapat meningkatkan jumlah lemak dalam jaringan tubuh.
  5. Kebiasaan minum miras; terakhir, penyakit ini juga bisa menghinggapi Anda yang gemar meminum miras. Lho, kok bisa? Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa alkohol terbukti dapat merangsang penimbunan lemak dalam tubuh.
Apa yang harus dilakukan jika terkena lipoma?

Jika Anda atau keluarga terbukti mengidap penyakit ini, maka segera konsultasikan hal ini ke dokter. Biasanya dokter akan menganjurkan prosedur pembedahan untuk mengangkatnya; terlebih jika benjolan terlihat membesar hingga berkali-kali lipat dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan.

Setelah diangkat, penyakit ini biasanya tidak akan kembali muncul. Namun, bukan berarti Anda bisa lengah! Karena tetap diperlukan praktik-praktik pencegahan kambuhnya kembali , seperti:

  • Membuat jadwal konsultasi ke dokter untuk memonitor dan memastikan bahwa Anda sudah terlepas dari penyakit ini secara total.
  • Menerapkan pola hidup yang sehat agar terhindar dari faktor pemicu timbulnya penyakit ini.
  • Menghindari konsumsi makanan yang tinggi akan lemak dan minyak; sebab hal ini dapat meningkatkan risiko Anda kembali menderitanya.

Itu tadi sekelumit penjelasan mengenai apa itu lipoma; serta bagaimana cara menanganinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.