Mana yang Lebih Penting; Diet atau Olahraga?

diet atau olahraga
Diet dan olahraga merupakan dua komponen penting dalam proses menurunkan berat badan. Namun, manakah yang lebih berpengaruh? Simak poin lengkapnya!

GoDok –  Diet atau Olahraga – Tentunya Anda tahu, bahwa baik diet maupun olahraga merupakan dua hal yang dinilai penting dalam proses penurunan berat badan. Meskipun begitu, banyak yang masih bertanya-tanya mengenai mana yang lebih efektif di antara keduanya. Dietkah? Atau justru lebih penting untuk rutin berolahraga? Hmm… Untuk jawaban dan penjelasan dari pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda menyimak penjelasan berikut ini :

Sekilas tentang diet dan olahraga

Tidak dapat dipungkiri bahwa diet dan olahraga merupakan dua hal yang berbeda. Diet merupakan suatu usaha atau cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan dengan cara memangkas kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Diet juga berarti menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang dinilai dapat merusak usaha penurunan badan yang sedang dilakukan. Biasanya, diet dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan bertujuan untuk menurunkan atau mencapai berat badan yang diinginkan. Saat hal tersebut sudah tercapai, otomatis  program diet akan dihentikan.

(Baca: 5 Alasan Mengapa Diet Pisang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan)

Berbeda dengan diet, olahraga merupakan suatu jenis kegiatan yang dilakukan untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Dengan kata lain, olahraga membantu program diet dalam memenuhi tujuannya. Secara fisik, olahraga juga akan melatih otot menjadi lebih kuat, membuat jantung lebih sehat serta menjaga stamina tubuh tetap stabil. Ditambah lagi, olahraga dapat pula membantu Anda dalam menghilangkan stres secara psikologi dan membuat tidur malam Anda menjadi lebih nyenyak. Karena itulah, olahraga dilakukan lebih ke arah menjaga kesehatan dan berat badan, dan membantu dalam mencapai berat badan ideal.

(Baca: Diet Ketat? Kenali Bahayanya Sebelum Terlambat!)

Lalu, mana yang kiranya lebih penting ?

Ketika pertanyaan tersebut muncul, maka jawabannya adalah satu : keduanya merupakan hal penting yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Di satu sisi, program diet dilakukan dengan cara mengatur pola makan serta mengurangi asupan kalori harian. Saat hal ini dijalankan secara konsisten, maka tubuh akan mulai menyesuaikan kebutuhan kalori dan energi yang dihasilkan dari metabolisme. Memangkas jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh akan membuat cadangan makanan di  dalam jaringan lemak sedikit demi sedikit mengalami penurunan. Nah, hal inilah yang kemudian berperan dalam menurunkan berat badan Anda.

(Baca: Langkah-langkah yang Harus Diperhatikan dalam Berolahraga)

Meskipun hanya dengan melakukan diet dapat menurunkan berat badan, namun perlu Anda ingat bahwa olahraga juga harus dilakukan untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Memangkas asupan kalori selama melakukan program diet akan mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi melambat, sehingga menurunkan badan menjadi perkara lambat. Nah, di sinilah kemudian olahraga berperan. Saat Anda berolahraga, gerakan yang dilakukan secara rutin tersebut akan mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Dan setelah program diet selesai, Anda dapat menggunakan olahraga sebagai suatu rutinitas untuk mempertahankan berat badan tersebut. Hal ini harus dibarengi pula dengan kontrol diri dalam menjaga porsi makan Anda.

Jadi, kesimpulannya..

Nah, dapat disimpulkan dari penjelasan di atas, bahwa diet dan olahraga sama-sama penting untuk dilakukan guna menurunkan berat badan. Keduanya harus dilakukan bersamaan dan dalam porsi yang seimbang. Sebab, jika hanya mengandalkan program diet, akan butuh waktu lama bagi tubuh dalam menurunkan beratnya. Sementara berolahraga, justru mempercepat keberhasilan program diet. Jadi, yuk jalani keduanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal!

(Baca: Waktu yang Tepat untuk Berolahraga)

Semoga bermanfaat!

 

Comments are closed.