Daripada Tidur, Lebih Baik Lakukan Kegiatan Setelah Sahur Ini!

kegiatan setelah sahur
Biasanya setelah sahur Anda akan merasakan kantuk, padahal tidur setelah sangat tidak baik untuk kesehatan. Simak kegiatan setelah sahur yang dapat Anda lakukan ini

GoDok – Kegiatan Setelah Sahur – Ketika bulan puasa datang menjelang, tentu setiap harinya Anda akan menjadi akrab dengan sahur, kegiatan makan sebelum subuh menjelang sebagai bekal berpuasa sepanjang hari. Nah, karena khawatir lapar akan datang sebelum waktu berbuka, tak sedikit dari Anda yang makan banyaak sat sahur. Hasilnya? Perut yang kenyang pun mengundang rasa kantuk. Duh, padahal seperti yang Anda tahu, tidur setelah makan itu sangat tidak disarankan.

Lalu, bagaimana sih caranya supaya rasa kantuk dapat dicegah kedatangannya? Tenang, berikut Go Dok paparkan beberapa kegiatan setelah sahur yang dapat Anda lakukan, daripada tidur pulas!

Kegiatan Setalah Sahur

1. Update info terkini

Eits, ini bukan berarti Anda boleh mengunjungi akun gosip sesukanya di sosial media, ya! Salah-salah, puasa Anda malah batal gara-gara hal ini. Batasi update info ini pada berita-berita terkini atau masalah-masalah sosial yang sedang marak belakangan, seperti berita politik, seni, atau bahkan kesehatan. Dengan cara ini, tak hanya menghindar dari rasa kantuk, Anda juga bisa menambah pengetahuan sosial, bukan? Usahakan pula untuk membaca informasi dalam bidang yang menarik untuk Anda. Karena jika tidak, bisa-bisa membaca sosial media malah membuat Anda mengantuk dan tidur dalam sekejap!

(Baca; Sering Berselancar di Dunia Maya? Kenali Dulu Bahayanya)

2. Berjemur

Kegiatan setelah sahur lainnya yang dapat Anda lakukan adalah berjemur. Berjemur? Mana mataharinya? Eits, jangan salah! Di penghujung sahur, yaitur sekitar jam 4.20 – 4.30 pagi, matahari memang belum muncul, namun udara segar pagi hari dapat Anda nikmati di waktu ini. Tentunya sudah menjadi rahasia umum bahwa udara pagi dapat membuat sistem pernapasan Anda lebih sehat. Pasalnya, di waktu sebelum subuh, belum ada polusi yang dihasilkan melalui kendaraan motor lalu-lalang. Ditambah lagi, jika di hari biasa tentu banyak dari Anda yang malas bangun di jam seperti ini. Jadi, kalau bukan ketika Ramadhan, kapan lagi?

(Baca: Ingin Sehat? Berjemur Saja!)

3. Berkebun

Salah satu alasan mengapa Anda mengantuk sehabis makan sahur adalah karena sebagian besar aliran darah yang dimaksudkan untuk otak, justru dialihkan untuk membantu jalannya sistem pencernaan. Tentu hal ini akan bertambah parah saat Anda makan hingga kekenyangan. Karenanya, jika Anda melakukan suatu kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, tentu otak juga tidak akan terus-terusan mengirim sinyal mengantuk pada tubuh Anda. Berkebun adalah salah satunya, di mana Anda harus memusatkan perhatian pada tanaman-tanaman yang Anda urus. Berkebun juga menjamin rumah Anda lebih sehat dan lebih hijau. Selain itu, kapan lagi waktu terbaik untuk berkebun, jika bukan di subuh hari?

(Baca: Hari Bumi dan 4 Cara Sehat untuk Merayakannya)

4. Bermain game asah otak

Coba kegiatan setelah sahir dengan bermain game yang mengasah otak juga bisa meningkatkan konsentrasi dan mengusir kantuk. Pilihlah permainan yang bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih agar Anda juga bisa mengajak anggota keluarga lain. Tak perlu repot, Anda bisa mengerjakan permainan populer, seperti catur, kartu remi, monopoli, atau scrabble.

5. Mengobrol bersama keluarga

Terakhir,kegiatan setelah sahur yang dapat Anda coba dengan mengobrol bersama keluarga, lebih baik pergunakan waktu Anda untuk mengobrol bersama anggota keluarga. Hal ini bisa membuat jiwa Anda lebih sehat, lho. Sebab, kebanyakan pekerja di ibukota yang rutinitasnya tak berhenti hingga 8 jam, tak punya banyak waktu untuk mengetahui keadaan keluarganya, sekalipun bertempat tinggal dalam satu atap. Siapa yang tahu? Mungkin saja ada banyak kabar yang sudah Anda lewatkan.

(Baca: Game, Cara Seru Asah dan Relaksasi Otak)

Nah, itu tadi 5 kegiatan setelah sahur yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ketiduraan. Dijamin, kalau dilakukan dengan baik, kamu pasti tidak sadar waktu sudah menunjukkan jam beraktivitas! Selamat mencoba!