Langkah Pencegahan Diare; Kenali dan Praktikkan!

Langkah pencegahan diare

Langkah pencegahan diare harus diterapkan dari sekarang. Untuk meminimalisir timbulnya penyakit diare karenga lingkungan kotor saat musim hujan.

GoDok- Langkah pencegahan diare – Pernahkah, di dalam hidup, Anda mengalami diare, alias buang air besar yang terlalu lancar dan terus-terusan? Kenyataannya, sebagian besar orang pernah mengalami masalah ini. Jika sudah terkena, tentu Anda akan kerepotan, sebab frekuensi bolak-balik ke kamar kecil pun akan bertambah sehingga mengganggu aktivitas Anda.

Nah, diare akan lebih rentan Anda derita di musim hujan. Pasalnya, cuaca dan iklim yang lembap membuat virus serta bakteri penyebab diare berkembang dengan kecepatan tinggi. Suasana musim hujan yang identik dengan keadaan lingkungan yang kotor serta banjir juga berperan dalam timbulnya penyakit diare. Untuk itu, Anda harus menerapkan langkah-langkah pencegahan diare sejak saat ini. Apa sajakah langkah-langkah pencegahan tersebut?

Mari simak daftar lengkap mengenai langkah pencegahan diare berikut ini:

1. Selalu mencuci tangan

Langkah pencegahan diare yang pertama adalah dengan selalu mencuci tangan Anda, sehabis memegang benda apapun. Pasalnya, setiap benda memiliki kuman dan bisa saja bakteri penyebab diare. Akan menjadi gawat jika Anda memegang si kecil atau makanan setelah memegang benda-benda lainnya. Untuk lebih amannya, Anda dianjurkan untuk membiasakan mencuci tangan dengan sabun setiap hari. Selain sabun, Anda dapat pua menggunakan pemberish tangan yang mengandung alkohol.

2. Selalu sediakan air bersih

Penyediaan air bersih di rumah dapat membuat Anda terhindar dari diare. Ingatlah untuk selalu membeli air minum dari sumber atau produsen yang terpercaya, dan jika Anda biasa menggunakan air sumur, rebus air tersebut hingga mendidih sebelum dikonsumsi. Pasalnya, bakteri penyebab diare ada di mana-mana, terutama di dalam air. Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan air yang digunakan untuk mandi, mencuci baju, serta membasuh dubur ketika buang air adalah air bersih.

(Baca: Mencuci Tangan yang Benar; Ini Dia Langkahnya!)

3. Memasak makanan hingga matang

Langkah pencegahan diare yang ketiga adalah dengan memasak makanan hingga matang. Pasalnya bakteri dan kuman penyebab diare dapat pula hidup di bahan-bahan pangan yang tengah Anda olah. Usahakan Anda selalu memasak telur dan daging hingga matang, dan selalu mencuci bersih sayur serta buah-buahan sebelum dikonsumsi. Langkah ini dapat mencegah masuknya bakteri dan kuman penyebab diare ke dalam tubuh Anda.

4. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme -biasanya dalam bentuk bakteri- yang bermanfaat bagi tubuh untuk menanggulangi dan mencegah penyakit. Nah, salah satu hal yang dapat dicegah oleh probiotik adalah diare dan gangguan pencernaan lainnya. Komponen probiotik ini bisa Anda dapatkan pada yoghurt, tempe, fermentasi susu kambing, dan panganan khas Korea; kimchi.

5. Jaga kebersihan lingkungan

Langkah pencegahan diare yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di musim hujan. Sebab, bisa saja bakteri serta kuman penyebab diare ada di sekitar Anda. Untuk itu, selalu buang sampah secara teratur, gunakan tutup pada tempat sampah, selalu bersihkan rumah (menyapu dan mengepel) secara teratur, dan selalu bersihkan WC serta kamar mandi. Harus Anda tahu, bahwa lalat adalah salah satu penyebab utama diare. Karenanya, usahakan agar tidak ada lalat di rumah yang dapat menghinggapi makanan dan minuman Anda.

(Baca: 4 Gangguan Kesehatan Akibat Makanan Mentah)

Nah, itu dia 6 langkah pencegahan diare yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!