Langkah Mudah Jaga Kesehatan Wajah yang Langganan Make Up

www.go-dok.com

Memiliki wajah yang cantik sudah barang tentu menjadi idaman setiap wanita. Karenanya, banyak dari Anda yang kemudian memilih untuk menggunakan makeup demi mendapatkan tampilan yang menarik, baik saat pergi kerja atau sekadar hangout bersama sahabat terdekat. Tapi, apakah kebiasaan tersebut baik bagi kesehatan kulit?

Meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia telah menyatakan bahwa makeup tidaklah berbahaya bagi wajah, namun, tetap saja jika digunakan secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama, makeup dapat membuat wajah Anda terlihat kusam. Selain itu, pori-pori wajah yang tersumbat oleh bedak dan foundation juga dapat memicu jerawat dan komedo, lho. Tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? Yuk, intip tips jitu menjaga kesehatan wajah walau sering ber-make up ria!

1. Cucilah wajah secara teratur

Tahukah Anda, bahwa penggunaan make up berlebih ternyata dapat memicu wajah menjadi lebih berminyak? Hati-hati, lho! Karena kondisi tersebut dicurigai sebagai penyebab utama munculnya jerawat dan komedo. Solusinya; cuci wajah secara teratur! Gunakanlah air hangat saat pertama kali membasuh wajah. Tujuannya adalah untuk membuka pori-pori kulit agar kotoran dan sisa-sisa makeup dapat dibuang dengan mudah. Setelahnya, baru gunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori sekaligus mengencangkan kulit wajah.

2. Gunakan facial wash

Setelah seharian mengenakan makeup, lebih optimal rasanya jika Anda membasuh wajah dengan menggunakan facial wash karena produk ini dipercaya dapat membuang sisa-sisa make up sekaligus menghilangkan minyak pada wajah. Tunggu dulu! Sebelum mengenakan produk facial wash, perhatikan dulu komposisinya agar dapat disesuaikan dengan tipe wajah, ya!

3. Minyak almond dan zaitun untuk hilangkan eye makeup

Bagi Anda yang gemar memakai eye liner, eye shadow, dan maskara sebagai pelengkap tampilan sehari-hari, pastinya paham bahwa dibutuhkan perhatian ekstra untuk membersihkan sisa makeup tadi.  Ssst, daripada menggunakan remover berbahan dasar kimia yang dapat memicu timbulnya iritasi di area sekitar mata, lebih baik Anda beralih ke pilihan alami, seperti minyak almond dan zaitun. Caranya? Anda hanya perlu menuangkan sedikit minyak almond atau zaitun pada kapas, lalu usapkan secara lembut ke lipatan dan kelopak mata.

4. Jus mentimun sebagai make up remover

Jarang yang mengetahui bahwa jus mentimun ternyata dapat digunakan sebagai make up remover alami, khususnya untuk membersihkan bagian dagu, leher, dan pipi. Mudah saja cara penggunaannya. Anda cukup membasahi kapas dengan jus mentimun untuk kemudian diusapkan ke wajah. Selain bebas bahan kimia, jus mentimun juga dapat memberikan sensasi dingin dan menyegarkan pada wajah. Mau coba?

5. Gunakan pelembap

Anda pastinya tidak menginginkan wajah menjadi kering akibat make up, kan? Nah, untuk mencegahya, ada baiknya Anda memulai kebiasaan menggunakan pelembab wajah sebelum bepergian. Selain untuk menjaga tingkat kelembapan kulit, pelembab juga dapat mencegah make up Anda agar tidak berantakan, lho!

6. Lakukan peeling atau scrub

Terakhir, jagalah kesehatan wajah Anda dengan melakukan peeling atau scrub secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Tujuannya tidak lain untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran agar tidak menumpuk dan menutup pori-pori wajah. Mudah, bukan?

Ladies, yuk, jaga kesehatan wajah muali dari sekarang!

Comments are closed.