Mencuci Tangan yang Benar; Ini Dia Langkahnya!

mencuci tangan yang benar
Mencuci Tangan yang  Benar – sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Banyak orang yang mencuci tangan hanya sembarang sehingga kuman masih menempel pada tangan. Perbaiki cara mencuci tangan Anda dengan praktikan panduan mencuci tangan yang benar berikut ini

GoDok Mencuci Tangan yang  Benar– Mencuci tangan sebelum makan biasanya menjadi ritual wajib yang dilakukan hampir semua orang. Termasuk Anda. Pasalnya, Anda tidak tahu kuman apa saja yang telah menempel di tangan sebelum menyentuh makanan. Jadi, mencuci tangan diambil sebagai salah satu tindakan untuk mencegah penyakit menjangkiti tubuh.

Meski begitu, banyak orang yang menganggap sepele kegiatan ini dan melakukannya dengan sembarang saja. Hasilnya? Tentu kuman penyebab penyakit tidak sempurna terbasmi dari kulit tangan. Gawatnya lagi, tidak banyak yang tahu bagaimana mencuci tangan yang benar.  Apakah Anda salah satunya? Jika iya, ada baiknya Anda menyimak penjelasan tentang mencuci tangan berikut ini.

Mengapa harus mencuci tangan?

Tahukah Anda bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang paling mudah terjangkit bakteri, kuman, dan virus? Nah, jika tidak dibersihkan dengan baik, kuman dan bakteri tersebut akan mudah sekali menyebar ke dalam tubuh. Apalagi jika Anda memegang makanan dan mengonsumsinya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Apa yang akan terjadi jika kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh? Anda bisa terkena diare atau keracunan makanan. Jika orang dewasa saja mudah terjangkiti, tentu anak-anak akan lebih mudah mengalaminya. Pasalnya, anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang belum stabil yang akan mudah diserang oleh kuman dan bakteri. Karena itulah, baik dewasa maupun anak-anak wajib untuk membiasakan diri mencuci tangan yang benar.

(Baca: Benarkah Sabun Antiseptik Efektif Membunuh Kuman dan Bakteri?)

Lalu, apa saja langkah-langkah mencuci tangan yang  benar?

Tentunya, sebagai orangtua Anda pasti sudah membiasakan si kecil untuk selalu mencuci tangannya baik sebelum ataupun setelah makan. Akan tetapi, apakah cara mencuci tangan yang Anda lakukan sudah benar? Kebanyakan orang menganggap bahwa mencuci tangan merupakan membasuh tangan dengan air saja. Padahal, terdapat langkah-langkah mencuci tangan yang  benar agar kuman dan bakteri tidak masuk ke dalam tubuh, yaitu :

  1. Basahi kedua telapak tangan dengan air dingin atau hangat.Gunakanlah air yang mengalir dan basahi kedua telapak tangan Anda hingga setinggi pertengahan lengan.
  2. Gunakan sabun untuk membersihkan tangan.Usap dan gosoklah kedua telapak tangan dengan lembut sebanyak empat kali.
  3. Usap dan gosok kedua punggung tangan.Salah satu tangan menggosok punggung tangan yang lainnya. Lakukan hal ini secara bergantian pada punggung tangan lainnya, sebanyak empat kali.
  4. Gosok sela-sela jari tangan dengan lembut dan bersih.
  5. Bersihkan juga ujung-ujung jari Anda, termasuk kuku.
  6. Bersihkan punggung jari dengan menggosoknya berlawanan dengan telapak tangan.Jadi jari di tangan kanan dan tangan kiri saling bertautan.
  7. Buat gerakan mengunci antar jemari di tangan kanan dan gosok jemari Anda dengan gerakan memutar.
  8. Gosok ujung jari dari setiap telapak tangan dengan gerakan memutar.
  9. Bersihkan pergelangan tangan Anda dengan cara memutar.Jangan lupa, lakukan pula hal ini secara bergantian pada masing-masing pergelangan tangan.
  10. Bersihkan tangan dengan menggunakan air dingin atau hangat. Pastikan sudah tidak ada lagi sabun yang tertinggal di tangan Anda.
  11. Keringkan tangan dengan menggunakan handuk atau tisu.

(Baca: Mandi Saat Berkeringat, Bolehkah? Ini Jawabannya!)

Nah, setelah mengetahui langkah-langkah mencuci tangan yang benar, jangan lupa untuk selalu mematuhinya, ya! Biasakanlah untuk segera mencuci tangan Anda sehabis memegang daging mentah, setelah buang air, sebelum makan, dan sehabis memegang hewan (termasuk peliharaan). Jika tidak ada air, Anda dapat pula menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.