Langkah Mencegah Anemia; Praktikkan Sebelum Terlambat!

Langkah mencegah anemia
Untuk mencegah terjadinya anemia, seseorang harus mempertahankan kadar zat besi di dalam tubuh. Apa saja langkah-langkah mencegah anemia lainnya?

GoDok Langkah mencegah anemiaPernahkah Anda melihat kerabat atau teman Anda menderita anemia? Tentunya kondisi ini cukup megkhawatirkan, sebab penderita bisa saja tiba-tiba pingsan, atau merasa lemas di sekujur tubuhnya hingga tak dapat berdiri. Gawatnya lagi, di Indonesia, jumlah kasus anemia yang tercatat masih tergolong cukup tinggi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar di tahun 2013, tercatat jumlah anak-anak yang mengalami anemai mencapai 26,4%, jumlah lak-laki berusia 13 -18 tahun sebesar 12,4%, dan ibu hamil berjumlah sebanyak 37,1%.

Menurut dr. Yustina Anie Indriastuti MSc SpGK, yang adalah wakil ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, angka di atas terus meningkat setiap tahunnya karena masyarakat kebanyakan jarang memperhatikan nilai gizi dalam diet mereka. Akibatnya, kebanyakan penduduk Indonesia kerap kekurangan gizi, yang salah satu di antaranya adalah zat besi. Kekurangan zat besi akan mengurangi produksi hemoglobin yang bertugas mengikat oksigen dan mengantarkannya ke seluruh organ tubuh. Kekurangan hemoglobin berarti organ-organ tubuh akan kekurangan oksigen dan karenanya justru menjadi lemas.

Nah, dari hal ini dapat kita pahami bahwa untuk mencegah terjadinya anemia, seseorang harus mempertahankan kadar zat besi di dalam tubuh. Apa saja hal yang harus dilakukan guna mencegah anemia?

Simak daftar lengkap langkah mencegah anemia yang bisa Anda praktikkan

 1. Mengonsumsi sayuran hijau

Langkah mencegah anemia yang pertama adalah mengonsumsi sayuran hijau. Bayam, daun katuk, daun singkong, dan brokoli adalah beberapa jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Kandungan zat besi bisa menjaga produksi hemoglobin sehingga tubuh senantiasa tak kekurangan hal tersebut.

2. Mengonsumsi daging dan hati hewan

Langkah mencegah anemia yang kedua adalah dengan mengonsumsi protein hewani, berupa daging dan hati hewan. Daging merah, dan bagian hati merupakan sumber zat besi yang bagus karena dapat dengan mudah diserap oleh tubuh Anda, tak seperti sayuran hijau yang cukup sulit untuk diserap. Tak hanya itu, protein hewani juga kaya akan vitamin B12 bereran penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Daging tersebut bisa Anda dapatkan dari sapi rendah-lemak, ayam, kalkun, dan ikan. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan zat besi hewani dari susu dan telur.

3. Hindari kopi dan teh

Langkah mencegah anemia yang ketiga dengan hindari mengonsumsi kopi dan teh. Mengapa? Karena, kandungan di dalam kopi dan teh dapat menghambat kinerja tubuh dalam menyerap asupan zat besi dari makanan. Tidak main-main, penurunan daya serap zat besi akibat teh dan kopi bisa mencapai 50 – 90%. Pasalnya, sumber zat besi dari golongan nabati sangat mudah diperngaruhi oleh kadar kafein dalam tubuh.

4. Hindari minuman beralkohol

Langkah mencegah anemia yang keempat, Anda harus menghindari minuman beralkohol. Pasalnya, megonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengganggu kinerja darah dalam membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jadi, ada baiknya jika Anda mengurangi asupan alkohol, bersama dengan kopi dan teh.

5. Beraktivitas fisik secara rutin

Langkah mencegah anemia yang kelima adalah dengan berolahraga secara rutin. Pasalnya, sering beraktivitas fisik, seperti berolahraga, jalan cepat, yoga, dan senam dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh Anda. Otomatis, hal ini akan mengurangi risiko Anda terkena anemia.

6. Penuhi asupan vitamin C

Terakhir, harus Anda ketahui bahwa vitamin C merupakan zat yang mampu membantu dalam meningkatkan daya serap tubuh terhadap zat besi. Karenanya, usahakan untuk rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, apel, melon, dan buah lainnya.

Itu dia 6 langkah mencegah anemia yang harus Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.